6 Alasan Mahasiswa Bangga Kuliah di Universitas Putra Bangsa

Universitas Putra Bangsa
Kampus Universitas Putra Bangsa Kebumen. (Foto: Padmo)

UPB juga menjalin berbagai kerjasama yang tertuang dalam kesepakatan bersama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai pihak antara lain dengan Badan Pusat Statistik, PT Teleperformance Indonesia, ICON+, Migrant Care, Universitas Al-Irsyad Cilacap, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Muhammadiyah Purworejo Kementerian Agama, Badan Amil Zakat Nasional Kebumen.

Bentuk kerjasama tersebut berupa kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan perguruan tinggi, kerjasama penyusunan kurikulum dan penyediaan tenaga kerja dengan dunia industri, dan bentuk pengabdian lainnya dengan lembaga non komersil.

Bacaan Lainnya

Selain itu,UPB ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah diantaranya terlibat dalam Penyusunan Standar Harga 2023, Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Makro, Penyusunan Raperda RPPLH, Kajian Nilai Tambah dan Pemasaran Beras di Kebumen, Kajian Cadangan Pangan Pemerintah Daerah.

6. Prestasi Mahasiswa yang Membanggakan
Universitas Putra Bangsa
Mahasiswa UPB membentangkan bendera raksasa di Bukit Kedoya. (Foto: Dok. UPB)

Prestasi membanggakan juga berhasil diraih oleh para mahasiswa UPB pada kurun waktu 2022-2023 baik prestasi dalam bidang akademik maupun prestasi pada bidang minat dan bakat.

Prestasi dalam bidang akademik, dan sekaligus dalam upaya pelaksanaan kebijakan MBKM yang diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek.

  • Sebanyak 10 mahasiswa mengikuti program magang dan studi independen angkatan 3 dan sebanyak 31 mahasiswa pada angkatan 4 dan tahun ini pada program kampus mengajar sebanyak 40 mahasiswa.
  • Selain itu juga mendapatkan hibah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) dari Kemendikbudristek sebanyak dua judul,dengan judul sub proposal “Penerapan Praktik Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan di Kampung IklimDesa Prig untuk Keseimbangan Ekosistem” dan “Sistem Budidaya Terpadu denganPenerapan Teknologi Alternatif di Desa Kemangguan Kecamatan Alian”.
  • Meraih 6 Program Kreativitas Mahasiswa dengan Skim PKM Penelitian llmiah sebanyak tiga judul dengan ketua Azzahra Lintang Zuaniatami, Erika Rizkianti dan Niken Asriyanti.
  • PKM bidang kewirausahaan dengan ketua Putri Novitasari dan Erica Safitri Lestari serta PKM Pengabdian Masyarakat dengan ketua Umi Masruroh.
Prestasi pada berbagai kompetisi bidang minat dan bakat;
  • Juara 2 ganda campuran, ganda putri, dan tunggal putri serta juara 3 putra pada Kompetisi Antar Mahasiswa se-Kebumen Cabang Olahraga Bulutangkis, 22 Oktober 2022.
  • Juara 1 voli putra pada pertandingan persahabatan bola voli Putra yang diadakan di Gombong, 23 Oktober 2022.
  • Juara 3 Futsal Women 2022 pada perlombaan yang diadakan di Kebumen, 24 Desember 2022.
  • Juara 2 Futsal Putra pada Kebumen Solidarity Cup 2023 antar himpunan mahasiswa Kebumen, 10-11 Januari 2023.
  • Juara 3 Bulutangkis Ganda Putri pada Kebumen Solidarity Cup 2023 antar himpunan mahasiswa Kebumen di GOR Gembira, 11 Januari 2023.
  • Juara 1 Futsal Putri pada event Futsal Putri di Sempor, 29 April 2023.
  • Juara 1 Futsal Putra Management Cup 2023 tingkat Jateng-DIY di Yogyakarta antar mahasiswa Fakultas Ekonomi se-Jateng dan DIY, 4-5 maret 2023.
  • Juara 3 FFC UPY tingkat Jateng DIY di GOR UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta antar mahasiswa se-Jateng dan DIY, 10-11 Juni 2023.
  • Juara 1 Kyorugi Taekwondo pada Yogyakarta Taekwondo International Open di GOR Amongrogo Yogyakarta, 14-17 September 2023.
  • Juara 1 Futsal Putra pada Shafim Cup 2023 tingkat fakultas  tingkat Jateng-DIY di GOR UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 30 September -01 Oktober 2023.

Pos terkait