Gairahkan Olahraga Saat Pandemi, Komunitas Panahan Gelar “Kebumen Online Scoring 2020”

  • Whatsapp
Pemanah memotret hasil tembakan saat mengikuti Kebumen Online Scoring 2020. (Foto: Istimewa)
Pemanah memotret hasil tembakan saat mengikuti Kebumen Online Scoring 2020. (Foto: Istimewa)

GOMBONG (KebumenUpdate.com) – Pandemi Covid-19 berdampak pada lesunya bidang olahraga. Dalam beberapa bulan terakhir, event olahraga ditiadakan demi mencegah kerumunan massa dan memutus penyebaran virus Corona.

Meski demikian, beragam inovasi dilakukan agar pembinaan atlet tetap terjaga. Salah satunya digagas oleh Komunitas Pemanah Garis Lucu Lintas Kebumen (Pegal Linu) bersama Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kebumen.

Berita Lainnya

Kebumen Online Scoring Diikuti 61 Peserta

Turnamen daring bertajuk Kebumen Online Scoring 2020 digelar Minggu 19 Juli 2020. Event ini diikuti oleh 61 peserta putra putri. Sebagian peserta mengikuti skoring di lokasi latihan club masing-masing seperti di Lapangan Islamic Center Kebumen. Untuk mengurangi jumlah kerumunan peserta pun dibagi menjadi dua gelombang.

Sedangkan di Gombong sebagian peserta mengikuti di halaman MTs Negeri 8 Gombong. Sebagian lagi di halaman parkir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong. Bahkan ada peserta yang melakukan scoring online dari rumah masing-masing.

Pendaftaran Gratis, Empat Kelas Dilombakan

Ketua Panitia Pelaksana Kebumen Scoring Online 2020 Agus Setiawan menjelaskan bahwa dalam event yang digelar tanpa biaya pendaftaran alias gratis ini melombakan empat kelas putra putri. Meliputi Divisi Nasional U10 jarak 5 meter, Divisi Nasional U12 jarak 10 meter, Divisi Nasional U15 jarak 15 meter, dan Divisi Barebow umum jarak 18 meter.

Secara umum peraturan scoring online ini sama dengan pelaksanaan offline. Seperti pakaian atlet dan official, serta peralatan yang digunakan. Hanya saja teknis dalam scoring online berbeda karena para peserta tidak berada dalam satu lokasi.

Foto Hasil Tembakan Lalu Diunggah

Peserta cukup memfoto dan mencatat hasil tiap rambahan. Foto-foto tersebut dibuat kolase lalu catatan dan foto tersebut diunggah ke data base panitia. Adapun tembakan dilaksanakan dalam satu waktu dengan dibuktikan dengan foto berstempel waktu.

“Scoring tertinggi untuk masing-masing divisi mendapatkan hadiah logam mulia dari panitia. Selain itu sejumlah hadiah menarik juga diberikan dari sponsor. Sedangkan tiga score terbaik berhak mendapatkan piagam atau sertifikat berstempel Perpani,” ujar Agus Setiawan didampingi Bagian Humas Wempy Setyabudi.

Jawaban Lesunya Event Olahraga Selama Pandemi

Kegiatan Kebumen Scoring Online 2020 ini digagas oleh Komunitas Panahan Pegal Linu yang diketuai oleh Al Farobi. Komunitas ini beranggotakan para pelatih panahan dan pegiat panahan di Kabupaten Kebumen.

“Scoring online ini sebagai jawaban dari lesunya event-event olahraga selama terjadi pandemi Covid-19,” imbuh Wempy Setyabudi menyebutkan scoring online juga mengedepankan kejujuran dari para peserta. (ndo)

 

Hasil Kebumen Online Scoring 2020

Divisi Nasional U 10-Putra

1. Wildan Raju Siahaan Kebumen Archery 687
2. Rafi Fast Gombong 661
3. Asya Kamil Waqqash 656

Divisi Nasional U 10-Putri

1. Kirana Dannisa Calya Fast Gombong 685
2. Faradiba Putri Raesita Kebumen Archery 652
3. Iqlima Dhia Syarafana Kebumen Archery 627

Divisi Nasional U12 -Putra

1. Alif Abdurrahman Kebumen Archery 634
2. Aliffiansyah Kebumen Archery 557
3. Rakha Deva A Kebumen Archery 540

Divisi Nasional U12 -Putri

1. Haya Nailah Ghaniyyah Kebumen Archery 619
2. Alya Fadhila K Kebumen Archery 546
3. Zayyah Nafisa Ulya SDIT Imam Syafii 507

Divisi Nasional U15-Putra

1. Faruq Zydan Firdaus Kebumen Archery 666
2. Fadhel Fikri Mubarak Sempor 632
3. Hakam Nafii Asykar Kebumen Archery 587

Divisi Nasional U15-Putri

1. Afina Ainun Kamilah Kebumen Archery 369
2. Annisaa Zulfa Ahsanah Kebumen Archery 286

Divisi Barebow Umum-Putra

1. Al Farobi Kompak DJP 470
2. Wempy Setyabudi H Gombong Archery 469
3. Muslih Kebumen Archery 467

Divisi Barebow Umum-Putri

1. Wuri Didyaningsih Kebumen Archery 339
2. Desilia Wimbi Susanti Kebumen Archery 302
3. Erni Rahayu Kebumen Archery 298

Berita Terkait