2.000 Offroader Bakal Ramaikan KODE #4, Jalur Makin Variatif

  • Whatsapp
Pembina Track Azam Fatoni memotong tumpeng saat Launching Event KODE #4. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate) – Gelaran Kebumen One Day Enduro (KODE) #4 bakal digelar pada 30 Nopember hingga 1 Desember 2019 mendatang. Ajang trabas berskala nasional yang diselenggarakan oleh Trail Adventure Community Kebumen (Track) itu akan diramaikan sekitar 2.000 offroader dari berbagai kota di Indonesia.

Launching event yang mengangkat tema ” Geo Adventure” dilaksanakan di halaman Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen, baru-baru ini. Acara ditandai dengan peluncuruan poster promo KODE #4 dan pemotongan tumpeng oleh Pembina Track yang juga Kepala Disporawisata Azam Fatoni.

Berita Lainnya

Potongan tumpeng diserahkan kepada Ketua Track yang juga Ketua Pengkab IOF 2×1 Kebumen Rahmat Hidayat. Launching event KODE #4 dihadiri oleh sejumlah tokoh Track seperti Teuku Erry Rubihamsyah. Juga sesepuh Jip Adventure Community Kebumen (JACK) dan para pecinta trail Kebumen.

Baca Juga: PT KAI Sediakan Gerbong Sepeda, Kebumen Dilirik Wisatawan Gowes

Ketua Track Rahmat Hidayat menjelaskan, KODE #4 akan digelar pada 1 Desember 2019. Sedangkan sehari sebelumnya dilaksanakan private trip. Adapun start dan finish di Lapangan Karanganyar. Trabas melalui jalur ke arah hutan Karanggayam sampai dengan Soma dan hutan Logandu.

“Jika ditotal panjangnya mencapai 120 kilometer,” ujar Rahmat.

Dibandingkan dengan event sebelumnya, KODE #4 mendatang jalur lebih bervariasi. Pasalnya, jalur digabungkan antara jalur KODE #3 dengan jalur yang dibuat baru sekarang ini. Jalur juga dibuat dua jenis yakni jalur master untuk yang cukup ekstrim dan jalur daster untuk offroader pemula.

Baca Juga: Jelajah Kota Lama Gombong Diminati Wisatawan Luar Kota

Selain menawarkan jalur yang variatif, panitia juga memberikan daya tarik bagi para peserta dengan berbagai hadiah. Dengan biaya registrasi Rp 200.000 untuk one day dan Rp 500.000 untuk private trip 2 days peserta mendapatkan kesempatan membawa pulang hadiah satu unit Daihatsu Ayla, tiga Kawasaki KLX 150 dan 20 motor matic.

“Hadiah ini masih fleksibel, jika pendaftar melebihi target akan kami upgrade hadiahnya,” ujar Rahmat seraya menyebutkan target peserta tidak seperti tahun sebelumnya lantaran banyaknya event serupa di luar daerah.

Pada gelaran KODE #4, pihaknya turut mendukung Geopark Karangsambung Karangbolong yang sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Harapannya Geopark Karangsambung Karangbolong naik tingkat menjadi Global Geopark.

Kepala Dinas Porawisata Kebumen Azam Fatoni mengapresiasi seluruh panitia yang mulai mempersiapkan gelaran trabas yang sudah menjadi salah satu ikon Kebumen di bidang offroad. Event berskala nasional ini akan membawa dampak positif bagi Kebumen termasuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Event ini sekaligus mempromosikan berbagai potensi yang ada di kawasan Geopark Karangsambung Karangbolong,” tandas Azam Fatoni. (ndo)

Berita Terkait