Tangani Covid-19, Ini Anggaran yang Disiapkan Pemkab Kebumen

  • Whatsapp
Wabup Kebumen Arif Sugiyanto saat konferensi pers. (Foto: Istimewa)
Wabup Kebumen Arif Sugiyanto saat konferensi pers. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Dalam rangka pencegahan penularan virus Corona (Covid-19), Pemkab Kebumen menyediakan anggaran Rp 730 juta. Anggaran itu merupakan pergeseran dana untuk kegiatan pada Dinas Kesehatan Kebumen.

Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dokter Dwi Budi Satrio mengatakan, kebutuhan anggaran kegiatan pencegahan virus corona terbagi untuk pencegahan, mulai dari sosialisasi, penyediaan sarana kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan, maupun penyiapan untuk perawatan pasien yang tidak tercover BPJS Kesehatan.

Berita Lainnya

“Anggaran dari kami Rp 730 juta kemudian dari Baznas Kebumen Rp 400 juta. Kami akan memaksimalkan anggaran yang ada,” ujar Dwi Budi Satrio usai rapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) di  gedung DPRD Kebumen.

RSUD Dr Soedirman Siapkan Anggaran Rp 4,4 miliar Terkait Penanganan Covid-19
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz meninjau persiapan RSUD Dr Soedirman. (Foto: Adzen-KebumenUpdate)
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz meninjau persiapan RSUD Dr Soedirman. (Foto: Adzen-KebumenUpdate)

Jika dilihat dari segi ketersediaan anggaran yang ada, kata dia, angka ini cukup minim. Anggaran yang disiapkan RSUD Dr Soedirman Rp 4,4 miliar terkait penanganan virus corona. Untuk penunjang medis seperti bad pasien, APD Rp 1 miliar, penunjang non medis Rp 1 miliar, dan obat serta laboratorium Rp 2,4 miliar.

Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menjelaskan, anggaran yang telah ada di Dinas Kesehatan untuk penanganan pasien dan penyediaan alat pelindung diri (APD) di rumah sakit seperti pakaian, helm khusus dan lain sebagainya. Selain itu juga penyediaan masker dan desinfektan untuk penyemprotan pencegahan penyebaran virus corona.

“Kami juga mengupayakan adanya CSR dari beberapa pengusaha. Sudah ada yang menyatakan siap membantu,” tandasnya.

Pemkab Kebumen Buat Kanal Informasi di Website Resmi
kanal khusus corona website resmi.
kanal khusus corona website resmi.

Wabup yang didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono menyampaikan saat ini Pemkab telah membuat kanal informasi pada website resmi Pemkab Kebumen.  Segala informasi terkait corona dapat masyarakat akses melalui kanal corona.kebumenkab.go.id. Sedangkan call center pengaduan dapat disampaikan melalui 08112647725 / (0287) 381572.

“Kenali gejala virus corona seperti batuk, pilek, nyeri tenggorokan, nyeri otot, dan nyeri kepala. Bagi yang mengalami gejala demikian langsung menuju fasilitas kesehatan puskesmas atau rumah sakit,” imbuhnya.

Meskipun jumlah pengawasan bertambah, namun Wabup meminta agar masyarakat tetap tenang dan jangan resah. Disisi lain tidak mudah terprovokasi dengan adanya informasi hoax yang tersebar. Kegiatan salat Jumat pun di Kebumen masih tetap berjalan seperti biasanya. (ndo)

Berita Terkait