Warga Perbukitan Mulai Kekeringan, Polres Kebumen Kirim Air Bersih

Warga Perbukitan Mulai Kekeringan
Droping air bersih di Desa Kalirejo, Karanggayam. (Foto: Dok. Polres Kebumen)

KARANGGAYAM (KebumenUpdate.com) – Pekan terakhir  bulan Agustus ini, warga sejumlah desa di Kabupaten Kebumen utamanya yang berada di daerah perbukitan telah mengalami krisis air bersih. Salah satunya adalah Desa Kalirejo, Kecamatan Karanggayam yang menjadi langganan kekeringan setiap musim kemarau panjang.

Saking parahnya kemarau di Desa Kalirejo, warga harus berjalan 3 kilometer mencari air di daerah lain. Air bersih tersebut diangkut menggunakan sepeda motor yang dimodifikasi sedemikian rupa agar memudahkan saat membawa.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Peringatan Dini Kekeringan, Bantuan Air Bersih Mulai Disalurkan untuk Wilayah Pegunungan

Desa Kalirejo sudah menjadi langganan kekeringan saat musim kemarau. Hal itu bisa ditandai mengeringnya beberapa sumber air di daerah tersebut.

Terkait hal itu, Polres Kebumen bersama dengan BPBD, dan TNI menyalurkan bantuan air bersih kepada warga yang terdampak dari musim kemarau panjang. Seperti, Selasa 29 Agustus 202 bantuan air bersih didrop ke Desa Kalirejo, Kecamatan Karanggayam.

Sejak pagi puluhan jerigen terlihat berbaris mengantre air bersih langsung diisi air bersih dari Polres Kebumen. Warga pun antusias saat bantuan air bersih datang mengisi jerigen mereka hingga penuh.

Kapolres Kebumen Ikut Distribusikan Air Bersih

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin bersama pejabat utama Polres dan Muspika Karanggayam turun langsung saat pendistribusian air bersih. Kapolres juga turut mengucurkan air dari mobil tangki ke jerigen warga. Sedikitnya ada tujuh tangki berkapasitas 5.000 liter air yang bergerak melakukan droping air bersih di pemukiman warga yang mengalami kekeringan.

Pos terkait