Mengenal Jurusan Sains Data: Ini Tugas dan Prospek Pekerjaan

SAINS DATA merupakan ilmu terapan yang secara khusus mempelajari dan menganalisis data. Fungsi ilmu Sains Data di era digital dan big data saat ini cukup penting karena begitu melimpahnya data yang tersedia. Data menyediakan informasi yang dapat menentukan keputusan penting dalam berbagai sektor industri.

Sains Data adalah ilmu multidisipliner yang dapat diterapkan di berbagai bidang seperti kesehatan, pemerintahan, bisnis, perbankan, keuangan, manufaktur, pemasaran, dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: 6 Alasan Mahasiswa Bangga Kuliah di Universitas Putra Bangsa

Seorang data scientist atau ilmuwan data biasanya tidak hanya memiliki ilmu Sains Data, tapi juga ilmu teknik, kesehatan, jurnalistik, hukum, ekonomi, sosiologi, kimia, farmasi, dan lain-lain. Dengan alasan yang sama bahwa Sains Data sebelumnya hanya dipelajari pada jenjang Magister atau S2, dengan latar belakang pendidikan S1 yang beragam.

Ngapain Aja Sih Tugas Sains Data?

Dari skill yang harus dikuasai oleh lulusan S1 Prodi Sains Data, berikut empat jenis tugas Data Scientist antara lain:

  • Melakukan Analisis Data Perusahaan

Analisis data merupakan sesuatu yang pasti dilakukan Data Scientist. Untuk perusahaan skala menengah Data Scientist melakukan hal-hal seperti mengambil data dari database menggunakan query SQL, membuat tabel pivot dengan Microsoft Excel atau menggunakan software lainnya seperti SPSS, melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik dan kadang kala menggunakan bantuan bahasa pemrograman untuk melakukan analisis data seperti R dan MATLAB.

Beberapa perusahaan memberikan tugas untuk melakukan analisis akun Google Analytic perusahaan atau platform lain seperti PIWIK yang terkoneksi langsung dengan data penjualan perusahaan. Tugas-tugas seperti ini sangat cocok untuk seseorang yang mulai berkecimpung di profesi data scientist.

  • Penanggung Jawab Kualitas Data Perusahaan

Perusahaan yang mempunyai trafik data yang tinggi baik data konsumen, penjualan, maupun statistik website membutuhkan seseorang yang mampu menyiapkan infrastruktur data. Dalam hal ini banyak perusahaan yang akan mencari “Data Scientist” dan “Data Engineer” untuk melakukan tanggung jawab ini. Dalam konteks ini, seseorang dengan latar belakang software engineer mempunyai peluang lebih untuk diterima sebagai kandidat yang dicari perusahaan. Infrastruktur data yang diinginkan tentu dengan struktur data yang baik, kemudahan akses serta kemudahan untuk melakukan analisis data.

  • Penelitian Terkait Data

Untuk tugas jenis ini biasanya sering dilakukan oleh Data Scientist yang bergerak di perusahaan dengan produk berupa jasa analisis data atau analytical platform. Misalnya: Google Analytic dan PIWIK. Untuk hal jasa analisis data, data scientist dengan latar belakang ilmu matematika, statistika, dan fisika akan lebih mudah melakukan hal ini. Latar belakang seperti ini mempunyai dasar yang kuat terhadap keilmuan tersebut yang erat kaitannya dengan penelitian.

Pos terkait