Ketua PCNU dan PDM Angkat Bicara, Beberkan Fakta Pemerataan Pembangunan Infrastuktur di Kebumen

Pembangunan di Kebumen
Salah satu ruas jalan kabupaten yang dicor beton. (Foto: Dok. Pemkab Kebumen)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) –  Adanya anggapan dari segelintir orang yang menyebutkan bahwa Bupati Kebumen Arif Sugiyanto hanya memusatkan pembangunan di perkotaan saja mendapatkan tanggapan dari sejumlah tokoh.

Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar tak setuju dengan anggapan bahwa wilayah lain di desa-desa dan kecamatan tidak tersentuh. Menurut Kiai Dawam, anggapan tersebut sangat subjektif, tanpa didasari dengan data yang memadai.

Bacaan Lainnya

Justru kata dia, pembangunan di era Bupati Arif Sugiyanto sudah merata, bahkan pembangunan di wilayah lebih banyak daripada di kota.

“Setahu saya kota itu yang dibangun kan hanya beberapa ya, seperti Alun-alun, kemudian jalan satu arah, lalu pasar pagi. Itu pun anggarannya dari pemerintah pusat” ujar Kiai Dawam, Selasa 19 Maret 2024.

Baca Juga: Ini Daftar Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki di 2024

Pemkab Kebumen telah banyak membangun di sejumlah wilayah, seperti pembangunan jalan, jembatan, shrimp estate di Petanahan, RMU di Kutowinangun, wisata Pandan Kuning Park, serta sentra industri hasil tembakau di Petanahan.

“Pemerintah daerah setahu saya juga sedang mengupayakan pendirian pabrik sarung tangan di Purbowangi. Setiap tahun puluhan miliar dianggarkan untuk pembangunan jalan dan jembatan di sejumlah wilayah. Juga ada pembangunan jalan bantuan dari provinsi dan pusat seperti Jalan Daendels dari Mirit sampai Puring. Kemudian Jalan Karangbolong sampai Ayah sekarang mulus. Itu anggarannya ratusan miliar,” terangnya.

Bupati Kebumen Datangkan Bantuan Pemerintah Pusat   
Pembangunan di Kebumen
Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar. (Foto: Istimewa)

Banyaknya bantuan perbaikan jalan dan jembatan di Kebumen dari pemerintah pusat tutur Kiai Dawam, tentunya tidak lepas dari peran seorang Bupati yang terus mengupayakan pembangunan yang merata di sejumlah wiayah ditengah keterbatasan keuangan daerah.

“Pak Bupati saya lihat sudah melakukan berbagai upaya, bagaimana pembangunan itu bisa merata. Ia tahu kondisi APBD terbatas, maka dia tak kehabisan akal, lari ke pusat, minta kepada Presiden agar pembangunan di Kebumen ikut diperhatikan. Alhamdulillah berhasil, dikasih jalan, shrimp estate, pasar, dan lain-lain. Sudah ratusan miliar mengalir ke Kebumen. Jadi alhamdulillah, harus kita syukuri,” terangnya.

Pos terkait