Kasus Perceraian di Kebumen Tinggi, Ini Upaya Kemenag untuk Mencegahnya

Angka Perceraian di Kebumen
Foto bersama usai di sela-sela Bimbingan Remaja Usia Nikah. (Foto: Dok. Kemenag Kebumen)

“Melalui Brun Goes to Campus ini kami ingin membekali mahasiswa pemahaman yang benar tentang perkawinan, tujuan dan upaya pelestariannya. Setelah dibekali, harapan kami selanjutnya para mahasiswa bisa ikut memberikan edukasi kepada remaja lainnya, selain untuk bekal mereka sendiri ketika memasuki jenjang perkawinan,” tutur Sukarno.

Edukasi Masyarakat Membangun Ketahanan Keluarga

Kebih lanjut Sukarno menyampaikan bahwa semua agama mengajarkan kebaikan, termasuk juga dalam pembangunan keluarga yang harmonis atau sakinah. Di dalam Islam, perkawinan atau membentuk sebuah keluarga merupakan salah satu bagian dari pengamalan ajaran agama yang bertujuan untuk mendapatkan hidup sakinah, mawaddah wa rahmah. Selain itu juga meneruskan keturunan/regenerasi, menjaga kehormatan dan pemenuhan kebutuhan biologis.

Bacaan Lainnya

“Percaya saja bahwa setiap kita ada jodohnya, karena Allah itu adil,” ungkap Sukarno di hadapan para mahasiswa peserta Brun yang disambut dengan senyum saling pandang antar peserta.

Kasi Bimas Islam Salim Wazdy menambahkan, selain menggandeng UMNU, pada tahun ini Kemenag Kebumen juga menggandeng tiga perguruan tinggi lainnya yakni Universitas Putra Bangsa Kebumen, Institus Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen dan Universitas Muhamadiyah Gombong.

Baca Juga: Komite MTsN 4 Kebumen Gelar Musyawarah dan Rapat Pleno Tahun Pelajaran 2023/2024, Ini yang Dibahas

Rektor UMNU Imam Satibi menyambut baik kerjasama ini dan berharap bisa terus bersinergi dengan Kemenag dengan berbagai program lainnya. Dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana membangun ketahanan keluarga, Imam menilai Brun sangat baik sekali diberikan kepada generasi milenial sebagai bekal di masa mendatang.

“Terima kasih Kementerian Agama, ini merupakan bagian dari membangun fondasi ketahanan negara dan kesejahteraan negara,” ujar Imam.

Pos terkait