Kabar Baik, 22 Pasien Dinyatakan Negatif Covid-19

  • Whatsapp
Tim medis saat pelaksanaan rapid test massal. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com
Tim medis saat pelaksanaan rapid test massal. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Kabar gembira dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen. Hasil laboratorium menyebutkan, 22 pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kebumen dinyatakan negatif Covid-19.

Empat pasien rujukan dari laboratorium RSUD dr Soedirman, lima pasien rujukan lab Dinas Kesehatan Kebumen. Kemudian 13 pasien rujukan RS Darurat Kebumen. Dengan demikian total PDP dengan hasil negatif sebanyak 90 orang.

Berita Lainnya

Satu Pasien Sembuh, Satu Positif Covid-19

Kabar baik lainnya, seorang pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh yakni pria berinisial RCP (33) yang sebelumnya dirawat di RSUD dr Soedirman Kebumen.

Sementara itu, kasus positif Covid-19 bertambah satu orang pasien lelaki berinisial Suk (69), rujukan dari RS Purbowangi. Dengan demikian, total pasien positif Covid-19 tercatat 32 orang, 19 di antaranya dalam perawatan, 11 sembuh, dua orang meninggal dunia.

15 Pasien Meninggal Tanpa Hasil Laboratorium

Sedangkan orang dengan pemantauan (ODP) tercatat 2.727 orang. Sebanyak 2.599 orang di antaranya telah selesai pemantauan. Sedangkan 128 orang masih dalam pemantauan.

Pasien Dengan Pengawasan (PDP) tercatat 173 orang. Sebanyak 15 meninggal dunia tanpa hasil lab, 41 orang di antaranya telah selesai pengawasan. Sedangkan PDP yang masih dalam pengawasan ada sebanyak 27 orang.

Terapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Koordinator Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto menyampaikan, memperhatikan perkembangan kasus positif Covid-19 di Kebumen, Gugus Tugas telah melakukan pengkajian kasus dan analisa data.

Dari hasil kajian tersebut telah ditetapkan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) sebagai upaya yang paling efektif.

“Namun upaya-upaya tersebut akan berhasil sangat tergantung pada kesadaran dan kepatuhan kita untuk mengikuti aturan-aturan tersebut,” ujar Cokro Aminoto.

Pencegahan Penularan Covid-19 di Kebumen

Sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Kebumen Nomor 29 tahun 2020 tentang Pencegahan Penularan Covid-19 di Kebumen diminta kepada masyarakat untuk;

  • Tinggal di rumah atau tidak melakukan kumpul-kumpul dengan orang banyak (social distancing)
  • Menjaga jarak aman (1-2 meter), ketika berkomunikasi dengan orang lain (phisical distancing)
  • Jika keluar rumah, harus mengenakan masker
  • Tidak beraktivitas di luar, antara jam 22.00-04.00 wib
  • Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  • Bagi para pendatang untuk lapor RT/RW setempat. (ndo)

Berita Terkait