Dampak Gempa Bumi di Kebumen, Rumah Hingga Tobong Genteng Ambruk

Gempa Bumi Kebumen
Tobong genteng milik Dasiran warga Desa Logede, Pejagoan ambruk. (Foto: Zaa Lili)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Gempa bumi dengan kekuatan 6,0 SR yang berpusat di 86 km barat daya Bantul Jumat 30 Juni 2023 pukul 19.57 WIB cukup kuat dirasakan warga Kabupaten Kebumen. Warga tampak berhamburan keluar dari dalam rumah saat lindu menggoyang bumi.

Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa itu. Akan tetapi sejumlah rumah warga dilaporkan rusak akibat digoncang gempa. Salah satunya rumah milik Darmuji  warga RT 1 RW 1 Desa Rantewringin, Kecamatan Buluspesantren.  Selain atap rumah ambruk, tembok rumah juga jebol.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Potensi Megathrust di Selatan Kebumen, BNPB Susun Rencana Kontingensi Gempa Bumi dan Tsunami

Kemudian rumah milik Lamiah warga RT 03 RW 03 Desa Kedungjati, Kecamatan Sempor, Kebumen juga mengalami kerusakan di bagian atap dan tembok yang ambrol. Selanjutnya rumah milik Suryadi warga RT 04 RW 05 Desa Kalibangkang, Kecamatan Ayah Kebumen, juga ambruk di bagian atap.

Tak hanya rumah, tobong genteng milik Dasiran warga RT 03 RW 05 Desa Logede, Kecamatan Pejagoan juga ambruk akibat gempa bumi. Sejumlah warga setempat, malam itu juga bergotong-rotong membereskan puing-puing tobong genteng yang porak-poranda.

Ini Rekapitulasi BPBD Kebumen
Gempa Bumi Kebumen
Rumah warga di Desa Rantewringin, Buluspesantren rusak. (Foto: Dok. Pusdalops BPBD Kebumen)

Berdasarkan rekapitulasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen,  sebanyak 42 jiwa terdiri atas 12 kepala keluarga di 12 desa, 8 kecamatan terdampak gempa bumi Bantul. Berdasarkan assesment, kerusakan rumah dua unit kategori rusak sedang dan sembilan unit rusak ringan.

Pos terkait