Asesmen Geopark Kebumen Menuju UGGp Dijadwalkan 20–30 Juli, Asesor dari Jerman dan China

General Manager BP Geopark Kebumen Sigit Tri Prabowo (kiri) bersama wartawan dari PWI Kebumen saat sesi podcast persiapan asesmen Geopark Kebumen menuju UGGp.(Foto: Hari)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Tidak lama lagi Geopark Kebumen akan kedatangan tim asesor dari UNESCO Global Geopark yang akan melakukan serangkaian asesmen dan validasi pada situs warisan geologi, keanekaragaman hayati, dan warisan budaya. Kunjungan ini menjadi krusial lantaran akan menentukan kelayakan Geopark Kebumen menjadi UNESCO Global Geopark (UGGp).

General Manager Badan Pengelola (BP) Geopark Kebumen, Sigit Tri Prabowo, ketika ditemui wartawan di kantor sekretariatnya Jalan Merdeka No 4 menjelaskan bahwa asesor yang akan datang ke Kebumen berasal dari Jerman dan China.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Goes to Geopark, Gaspala SMAN 2 Kebumen Telusuri Goa Petruk

Tim visitasi kunjungi Benteng Van Der Wijck Gombong saat pra asesmen. (Foto: Hari)

“Asesor akan menilai empat geopark di Indonesia yang diajukan ke UNESCO. Dua merupakan new comer, yaitu Geopark Kebumen dan Geopark Meratus. Dua lainnya revalidasi status yakni Geopark Belitung dan Geopark Batur. Untuk Geopark Kebumen rencananya antara tanggal 20–30 Juli 2024,” kata Sigit Tri Prabowo.

Adapun yang dinilai secara umum oleh asesor adalah tata kelola, warisan geologi, visibilitas/akses informasi, dan kerjasama/networking.

“Biasanya validasi pertama akan cukup besar porsinya di warisan geologi. Yang dinilai bukan batuannya, tapi bagaimana geopark tersebut mengelola warisan geologi dan keterlibatan masyarakat sekitar. Kira-kira itu yang akan dinilai,” lanjutnya.

Pos terkait