Universitas Putra Bangsa Bangun Gedung Terpadu, Sediakan Rp 6 Miliar

  • Whatsapp
Putra Bangsa
Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH memasang batu pertama. (Foto: Padmo)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com)Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen terus meningkatkan sarana prasana guna pendukung kegiatan akademik. Salah satunya dengan membangun gedung terpadu tiga lantai.

Peletakan batu pertama oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, Senin 9 Agustus 2o21 menandai mulainya pembangunan gedung dengan luas 1.500 m2 tersebut. Hadir Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Dr H Slamet Ahmadi MM dan jajarannya.

Bacaan Lainnya

Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar MAg, Ketua PD Muhammadiyah Kebumen Kiai Abduh Hisyam. Hadir pula Camat Pejagoan Dra Hj Farita Listiyati MSi, Rektor UPB Dr Gunarso Wiwoho MM dan jajaran civitas akademika UPB.

Targetkan Satu Tahun Pembangunan Selesai 
Putra Bangsa
Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa meletakkan batu pertama. (Foto: Padmo)

Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Dr H Slamet Ahmadi MM menargetkan pelaksanaan pembangunan gedung terpadu itu selama satu tahun. Sehingga pada tahun akademik 2022-2023 gedung tersebut sudah bisa berfungsi.

Untuk membangun gedung tersebut, pihaknya menyediakan dana sebesar Rp 5-6 miliar. Jika termasuk dengan interior bisa bisa menelan dana sekitar Rp 7 miliar.

“Rencananya gedung lantar satu berfungsi sebagai aula, kemudian lantai dua untuk perpustakaan dan lantai tiga sebagai ruang perkuliahan,” ujar Slamet Ahmadi di sela-sela acara.

Tingkatkan Sarpras dan Sumber Daya Manusia  
Putra Bangsa
Ketua PCNU Kebumen KH Dawamundin Masdar meletakkan baru pertama. (Foto: Padmo)

Slamet Ahmadi menjelaskan bangunan aula yang ada saat berdiri sekitar tahun 1971. Meskipun sudah banyak renovasi, kondisi bangunan yang cukup bersejarah tersebut sudah tidak memadai. Sehingga pihaknya memutuskan untuk membongkar dan membangun dengan gedung yang baru.

“Gedung ini pernah berfungsi sebagai sebagai kandang ayam, kandang sapi, gedung SD, hingga gedung pertemuan warga,” ujarnya.

Baca Juga: 9 Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gombong Berangkat KKN ke Lombok

Putra Bangsa
Ketua PD Muhammadiyah Kebumen meletakkan batu pertama. (Foto: Padmo)

Dengan pembangunan gedung terpadu ini, Slamet Ahmadi mengharapkan akan meningkatkan kualitas proses perkuliahan di UPB. Pasalnya, kebutuhan perpustakaan, ruang kuliah juga meningkat seiring dengan perubahan menjadi universitas.

“Selain meningkatkan sarana prasarana, kami juga meningkatkan kualitas dosen, dengan mendorong mereka menempuh pendidikan. Saat ini tiga dosen menepuh program doktoral dengan mendapat beasiswa LPDP,” imbuhnya.

Bupati Kebumen  Puji Kemajuan UPB Makin Pesat
Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyampaikan sambutan. (Foto: Padmo)

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyambut baik dengan pembangunan gedung terpadu Universitas Putra Bangsa. Dia berharap gedung terpadu untuk aula, perpustakaan, maupun ruang perkuliahan itu dapat meningkatkan kualitas para mahasiswa.

“Harapannya aula kampus ini bisa dimanfaatkan tidak hanya oleh kampus. Tetapi semua alemen bisa memanfaatkan seperti untuk kajian maupun kegiatan lain yang bermanfaat,” ujarnya.

Dalam kesempaan itu Bupati memuji kemajuan UPB yang semakin pesat. Dengan memiliki 10 orang dosen bergelar doktor, menunjukkan kompetensi pengajar bisa diandalkan. Apalagi jumlah doktor terus bertambah.

“Saya berharap keberadaan UPB dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Kebumen,” ujarnya. (smn)

Pos terkait