Saat Maling Jago Akting, Usai Curi Motor Temannya Pura-pura Ikut Mencari

  • Whatsapp
Curanmor
Tersangka diamankan di Mapolres Kebumen bersama barang buktinya. (Foto: Polres Kebumen)

KLIRONG (KebumenUpdate.com) – Sebagai seorang teman KA (28) warga Desa Jatimalang, Kecamatan Klirong, Kebumen, bukanlah termasuk kategori teman yang baik. Bagaimana tidak, KA diduga mencuri sepeda motor Honda Vario milik korban inisial SP (39) warga Desa Karangglonggong, Kecamatan Klirong yang tak lain adalah temannya sendiri.

Pencurian dilakukan saat tersangka bertamu ke rumah korban. Pencurian terjadi pada Selasa (22/12) sekitar pukul 18.30 WIB. Pencurian dilakukan saat korban sedang berada di dapur.

Berita Lainnya

“Sepeda motor yang sedang diparkir di halaman rumah dibawa kabur tersangka,” jelas Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Sugiyanto, Senin 15 Februari 2021.

Tersangka Berakting Ikut Mencari di Sekitar Rumah

Setelah berhasil membawa kabur sepeda motor dan menyimpannya di suatu tempat, tersangka kembali lagi ke rumah korban. Saat korban kelabakan mencari sepeda motornya, tersangka berakting ikut mencari ke sekitar rumah. Mengetahui menjadi korban pencurian, SP lantas lapor ke Polsek Klirong.

“Kita periksa para saksi, kita minta keterangan. Termasuk pada saat itu, tersangka masih berstatus saksi juga kita periksa,” jelasnya.

Ternyata mental tersangka goyah, saat penyidik Unit Reskrim Polsek Klirong mencecar sejumlah pertanyaan. Tersangka mengaku telah mencuri. Akhirnya KA yang sebelumnya berstatus saksi berubah menjadi tersangka dalam kasus ini.

“Dari keterangan KA, banyak cerita yang terputus. Kita kejar terus dengan pertanyaan lain, dan akhirnya tersangka mengaku dan mau menunjukkan tempat persembunyian sepeda motor korban,” ungkap Iptu Sugiyanto.

Motor Curian Disembunyikan di Kuburan

Rupanya sepeda motor korban disembunyikan di kuburan yang letaknya kurang lebih 5 km dari rumah korban. Pengakuan tersangka, dia dengan mudah membawa kabur motor korban karena jauh sebelum itu dia berhasil mencuri kunci serep sepeda motor milik SP.

Termasuk kedekatan tersangka dengan korban dimanfaatkan untuk memuluskan aksi pencuriannya, mempelajari situasi lingkungan saat bertamu. Kini pertemanan itu patah dengan penghianatan yang dilakukan tersangka kepada korban.

“Kita selalu berkeyakinan, tidak ada kejahatan yang sempurna. Termasuk dalam kasus pencurian ini. Dengan keyakinan itu, akhirnya dalam waktu hanya beberapa jam saja kasus pencurian bisa kita ungkap,” tukas Iptu Sugiyanto yang juga Kapolsek Klirong seraya menyebutkan tersangka dijerat dengan Pasal 362 KUH Pidana tentang pencurian dengan ancaman kurungan paling lama lima tahun penjara. (win)

Berita Terkait