Pemkab Kebumen Berikan Bantuan Jamban dan Tangki Septik Senilai Rp 8,5 M

MIRIT (KebumenUpdate.com) – Pemkab Kebumen memberikan bantuan jamban dan tangki septik untuk 905 warga yang tersebar di 18 desa di 11 kecamatan dengan tujuan mencegah stunting pada anak. Bantuan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024 sebesar Rp8.597.500.000.

“Alhamdulillah tahun ini kita kembali mendapat bantuan jamban dan tangki septik untuk masyarakat di wilayah yang rawan stunting, total ada 905 warga di 18 desa dan 11 kecamatan,” ujar Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih di Desa Karanggede, Mirit, Senin 6 Mei 2024.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Upaya Turunkan Stunting di Kebumen: Dari Mie Keriting, Ceting Apik, Hingga Bapak Asuh

Wabup Rista menuturkan, desa yang terpilih merupakan desa dengan angka stunting yang masih tinggi dan tingkat kesejahteraan yang masih kurang, dan warga yang menerima bantuan adalah mereka yang tidak memiliki jamban maupun tangki septik, atau punya jamban dan tangki septik tapi belum standar.

Wabup Rista menyampaikan, jamban yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab terjadinya stunting, karena airnya akan mencemari lingkungan dan makanan, sehingga pertumbuhan anak terganggu, yang bisa menyebabkan stunting.

Pos terkait