Migrant Care Gelar FGD, Kaji Perdes Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Migrant Care Kebumen
FGD Migrant Care Kebumen tentang Perdes Pekerja Migran Indonesia. (Foto: Dok. Migrant Care)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Migrant Care Kebumen menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang mengkaji tentang Peraturan Desa Perlindungan Pekerja Migran Indonesia di Kebumen.  FGD berlangsung sehari di Ruang Jatijajar Candisari Hotel & Resto Kebumen, Senin, 17 Juli 2023.

FGD dilaksanakan secara tatap muka atau offline, diikuti oleh 35 orang dari pengurus Migrant Care Kebumen, kelompok pekerja migran, perangkat desa, akademisi dan praktisi. Pengkajian ini mengundang narasumber atau praktisi yang kompeten di bidangnya serta dipandu oleh fasilitator.

Bacaan Lainnya

Hadir dosen Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO), Kuni Nasihatun Arifah SH MH, Ketua Bidang Advokasi Formasi dan Staf Ahli DPRD Kebumen Fuad Habibi. Tanggapan dan masukan Perdes juga disampaikan oleh Kepala Bagian Hukum Setda Kebumen, Akhmad Harun SH.

Koordinator Migrant Care Kebumen Syaipul Anas menyebutkan bahwa tujuan FGD tersebut adalah untuk membangun dialog stakeholder yang ada di desa untuk perlindungan pekerja migran dari Kebumen yang inklusi. Juga memahami lebih dalam isi peraturan desa dan tata cara implementasi peraturan desa.

“Kemudian mendiskusikan dan memperbaiki peraturan desa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017, berorientasi pada pemenuhan Hak Asasi Manusia.  Membuat komitmen bersama antar stakeholder untuk membuat perdes yang implementatif,” ujarnya.

Pos terkait