Merah Putih Sepanjang 1000 Meter Dibentangkan Di Atas Terowongan Ijo

ROWOKELE (KebumenUpdate.com) – Masih dalam suasana peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, saya yang mendapat informasi dari seorang rekan bahwa di Terowongan Ijo akan dilakukan pembentangan bendera merah putih sepanjang 1000 meter, berkeinginan melihat langsung prosesi tersebut.

Jumat siang 18 Agustus 2023 bergegas menuju lokasi Terowongan Ijo yang berada di Desa Bumiagung Kecamatan Rowokele. Menggunakan sepeda motor melintasi jalan nasional Kebumen-Banyumas, perjalanan ditempuh selama kurang lebih 1 jam.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Mapala Trabas Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Bukit Kedoya

Relawan dan warga membentangkan bendera merah putih sepanjang 1000 meter. (Foto: Hari)

Pembentangan bendera merah putih sepanjang 1000 meter dilakukan oleh 500 relawan yang merupakan warga sekitar dan juga pelajar. Adapun tujuan dari acara pembentangan bendera merah putih di atas Terowongan Ijo tidak lain karena terowongan tersebut merupakan ikon dari Kecamatan Rowokele.

“Terowongan Ijo punya arti sejarah bagi masyarakat khususnya Desa Bumiagung. Maka, kecamatan berkolaborasi dengan desa dan berbagai pihak untuk mengadakan acara ini dengan maksud untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Selain itu juga untuk mengenalkan dan memelihara nilai sejarah yang ada di Terowongan Ijo,” ujar Katut Waluyo, Camat Rowokele.

Pos terkait