Mencoblos di TPS yang Bukan Domisilinya, Seperti Ini Prosedurnya

Logistik surat suara. (Foto: Hari)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – KPU Kebumen kedatangan logistik pemilu berupa Daftar Calon Tetap (DCT) dan Daftar Pasangan Calon (DPC). Adapun jumlahnya seusai dengan jumlah TPS di Kabupaten Kebumen yakni 4.831 TPS.

Ditemui di gudang logistik, Senin 8 Januari 2024, Ketua KPU Kebumen Dzakiatul Banat membenarkan jumlah tersebut.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Hari Pertama Sortir Lipat Surat Suara di Kebumen, Seperti Ini Kesibukannya

“DPC dan DCT itu lembaran besar. Nanti ditempel di papan pengumuman depan TPS. Masing-masing TPS menerima jatah 1 lembar DCT dan DPC,” kata Dzakiatul Banat.

Progres Surat Suara

Mengenai progres pelipatan surat suara, ia menjelaskan bahwa KPU Kebumen telah menyelesaikan surat suara PPWP, DPD, dan DPRD kabupaten untuk dapil 3. Pihaknya juga mendapati adanya beberapa surat suara yang rusak.

“Yang rusak dan kekurangan nanti akan kita plenokan dan akan kita tindak lanjut ke pihak penyedia untuk meminta kekurangannya,” lanjutnya.

DPTb Pindah Memilih

Ketika ditanya mengenai pemilih yang memberikan hak suaranya bukan di tempat asalnya, Banat mengatakan bahwa hingga H-7 masih dalam proses pelayanan daftar pemilih tambahan (DPTb) pindah memilih.

“Jadi memang ada yang sudah terdaftar di DPT tetapi memilih di tempat yang bukan TPS asalnya, tentunya dia harus mengurus surat pindah memilih di KPU, PPK, atau PPS juga bisa,” lanjut Banat.

Pos terkait