Laporan Hasil Pemeriksaan Belanja Infrastruktur 2023 Diterima Bupati, Ini Hasilnya

SEMARANG (KebumenUpdate.com) – Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kepatuhan atas belanja infrastruktur semester II tahun anggaran 2023 diterima Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Senin 15 Januari 2024.

Berlangsung di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, LHP sejenis juga diserahkan kepada 19 kabupaten/kota dan Pemprov Jateng. Bupati Arif mengatakan, secara garis besar Lhp yang diterima cukup baik.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Belanja Infrastruktur Kebumen TA 2023 Diperiksa BPK

Ada tiga hal yang diperiksa oleh BPK terkait belanja infastruktur tersebut. Pertama, soal ada tidaknya persekongkolan antara penyedia jasa dan pejabat pembuat komitmen. Kedua, soal spesifikasi barang. Ketiga, soal target penyelesaian pekerjaan.

Ada Catatan di Spesifikasi Barang

Dari tiga hal tersebut, Kebumen hanya memiliki catatan sedikit di nomor dua, yakni terkait spesifikasi barang.

“Soal persekongkolan antara penyedia jasa dengan pejabat, tidak ada. Pengerjaan pekerjaan juga sesuai dengan target, artinya selesai semua. Kita hanya ada temuan terkait spesifikasi barang yang tidak sesuai sebesar 5 (lima) persen dari nilai kontrak,” ujarnya.

Menurutnya ini relatif lebih kecil dibanding temuan kabupaten lain. Kemudian dari hasil itu, 60 persen penyedia jasa juga sudah mengembalikan ke kas negara. Terhadap hasil pemeriksaan tersebut, bupati meminta agar kinerja pengawasan terus ditingkatkan.

“Harapannya ke depan kinerja pengawasan kita ditingkatkan sehingga terhadap tiga penilaian tersebut, kita mendapat hasil yang baik, tidak ada catatan atau temuan yang negatif,” jelasnya.

Pos terkait