Kebumen Zona Merah Covid-19; Kasus Positif Tembus 1.057

  • Whatsapp
Zona Merah
Anggota Polres Kebumen membubarkan kerumunan remaja di Alun-alun Kebumen. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Jumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kebumen sudah tempus di angka 1.057. Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen, Sabtu 17 Oktober 2020 dari jumlah itu, 90 dirawat dan 215 isolasi, 725 dinyatakan sembuh dan 27 meninggal dunia.

Sesuai data peta zonasi yang dikeluarkan oleh Pemprov Jawa Tengah, Kebumen berada pada zona merah di antara kabupaten/kota di Jawa Tengah. Meski demikian, di tingkat Kebumen sendiri, berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen, tidak ada satu kecamatan pun yang masuk zona merah.

Berita Lainnya

Hanya Dua Kecamatan Zona Hijau

Sebanyak 14 kecamatan masuk zona orange yakni Kebumen, Alian, Pejagoan, Mirit, Karanganyar, Karangsambung. Kemudian Kutowinangun, Sruweng, Petanahan, Gombong, Kuwarasan, Puring, Ayah, Sempor.

Adapun 10 kecamatan masuk zona kuning yakni Prembun, Ambal, Klirong, Buayan, Rowokele, Karanggayam. Selanjutnya Padureso, Bonorowo, Buluspesantren dan Poncowarno. Dua Kecamatan yang masuk zona hijau yakni Adimulyo dan Sadang.

Kasus Positif Berpotensi Naik

Memperhatikan perkembangan kasus positif Covid-19 di Kebumen, Satgas telah melakukan pengkajian kasus dan analisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa kasus positif Covid-19 di kabupaten berslogan Beriman ini masih berpotensi naik.

“Untuk itu masyarakat kami imbau untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ketua Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto.

Sementara itu, kasus suspek tercatat sebanyak enam orang dan saat ini tengah menjalani isolasi. Sedangkan kasus probable tercatat 88 orang. Dari sejumlah kasus probable tersebut, 50 orang tengah menjalani perawatan dan 38 orang meninggal dunia.

Data terakhir, kasus terkonfirmasi positif bertambah 47 orang. Dari jumlah kasus terkonfirmasi tersebut merupakan kontak dengan kasus terkonfirmasi terdahulu. Di sisi lain kasus terkonfirmasi yang dinyatakan sembuh bertambah 19 orang. (smn)

Berita Terkait