Kebumen River Clean Up: Aksi Bersih Saluran Irigasi di Kota Kebumen

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Meskipun papan larangan membuang sampah atau limbah ke saluran irigasi sudah banyak terpasang, namun masih sering dijumpai berbagai jenis sampah menghiasi saluran irigasi yang melintas di Kota Kebumen. Hal ini tentunya menjadi keprihatinan bersama.

Atas dasar tersebut, Kelurahan Kebumen bersama Bank Sampah Samiun menginisiasi kegiatan bersih sungai bertajuk Kebumen River Clean Up, Minggu 24 September 2023. Lurah Kebumen Murtiadi Hajar Kurniawan yang hadir di Pendopo Kelurahan Kebumen sebelum acara dimulai, tampak memberikan arahan kepada peserta Kebumen River Clean Up.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Belajar Kelola Sampah, OSIS dan Gaspala SMA N 2 Kebumen Kunjungi Bank Samiun

Lurah Kebumen Murtiadi Hajar Kurniawan ikut terjun membersihkan sampah di saluran irigasi. (Foto: Hari)

“Kegiatan hari ini dalam rangka mendukung program World Clean Up Day dan program adipura Kabupaten Kebumen. Mari kita bersihkan bersama saluran irigasi kita,” jelas Murtiadi di depan peserta yang terdiri dari anggota Bank Samiun, pelajar, dan berbagai komunitas peduli lingkungan.

Menurutnya, dengan kegiatan Kebumen River Clean Up ini, yang pertama untuk menjaga dan menumbuhkan kebersihan individu dan keluarga pada lingkungan masing-masing. Yang kedua untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan dan mencegah agar tidak datang wabah penyakit dari kotornya sungai.

Pos terkait