Edukasi Kebencanaan Terus Digelar Oleh PMI Kebumen, Kali Ini Giliran Mahasiswa UPB

PEJAGOAN (KebumenUpdate.com) – Edukasi mengenai kebencanaan terus digencarkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen di dunia pendidikan. Salah satunya di kampus Universitas Putra Bangsa (UPB).

Sebanyak 100 mahasiswa Universitas Putra Bangsa (UPB) mengikuti seminar kebencanaan dari PMI Kebumen yang berlangsung di Ruang Aula UPB pada Minggu, 25 September 2022.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Seminar Kebencanaan Kembali Digelar Oleh PMI Kebumen

Acara yang merupakan dukungan program dari Japanese Red Cross Society (JRCS) dibuka langsung oleh Plt Kepala Markas, M Muslim Mustofa. Adapun peserta dari berbagai elemen kampus seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kampus UPB dan Korp Sukarela (KSR) unit UPB.

Selain itu juga hadir perwakilan anggota Korps Sukarela (KSR) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) setiap perguruan tinggi se-Kabupaten Kebumen. Untuk narasumber, PMI Kebumen menghadirkan Rey Herawati dari BPBD Kebumen dan Totok Ari Setyanto dari PMI Kabupaten Kebumen.

Seminar kebencanaan di kampus UPB. (Foto: Humas PMI Kebumen)

Dalam sambutannya, Muslim Mustofa mengatakan bahwa urusan kebencanaan harus saling bahu-membahu baik pemerintah, lembaga pendidikan sekalipun dunia usaha.

“Seminar ini akan membuka cakrawala kita dalam kebencanaan, pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan lembaga pendidikan harus saling bahu membahu untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. PMI sebagai organisasi kemanusiaan akan terus membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana utamanya pada pengurangan risiko bencana untuk mewujudkan Indonesia tangguh terhadap bencana,” kata Muslim Mustofa.

Mengenai materi yang disampaikan pada seminar kali ini, peserta belajar mengenai peran mahasiswa dalam mitigasi bencana, serta ancaman bencana dan dampaknya. Selain itu, peserta juga mendapat benefit seperti e-serfitikat, relasi, dan doorprize.

Salah satu peserta, Multi, juga menyampaikan testimoninya setelah mengikuti seminar kebencanaan.

“Saya merasa senang bisa mengikuti acara seminar kali ini, bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat untuk kedepannya. Mahasiswa bisa lebih peduli, berperan aktif dalam setiap kebencanaan di lingkungan kampus, masyarakat dan lingkungan sekitar dan bisa mengimplementasikan lewat gagasan-gagasan baru sesuai tri darma perguruan tinggi,” kata Multi.

Pos terkait