Binda Jateng Lanjutkan Vaksinasi Covid-19 Door to Door di Kebumen

  • Whatsapp
Binda Jateng
Warga Desa Kemangguan, Kecamatan Alian, Kebumen mengikuti vaksinasi yang digelar Binda Jateng. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah kembali menggelar vaksinasi secara door to door dan vaksinasi massal pelajar usia 6-11 tahun. Vaksinasi kali ini digelar di dua wilayah yakni Kebumen dan Temanggung.

Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto SH MM menargetkan dapat melakukan vaksinasi sebanyak 2.650 orang. Adapun lokasi sentra vaksinasi yang didirikan Binda Jateng untuk anak pelajar/anak usia 6-11 tahun di Temanggung yaitu Balai Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan Temanggung. Sedangkan vaksinasi masyarakat secara door to door dilaksanakan di Balai Desa Kemangguan Kecamatan Alian, Kebumen, Selasa 11 Januari 2022.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Binda Jateng Gelar Vaksinasi Door to Door, Sasar 1.500 Warga Tiga Desa di Kebumen

Vaksin yang dipergunakan untuk pelajar yaitu jenis Sinovac yang telah mendapatkan ijin dari BPOM untuk dipergunakan bagi anak/pelajar usia 6-11 tahun. Sedangkan untuk masyarakat secara door to door menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan.

“Vaksinasi pelajar usia 6-11 tahun sangat diperlukan mengingat anak juga rentan tertular virus corona,” ujar Brigjen TNI Sondi Siswanto.

Menurut Sondi, saat ini orang tua sudah sangat memahami pentingnya anak mereka mendapatkan vaksin, terutama untuk membentengi putra putrinya dari penyebaran virus serta mendukung pembelajaran tatap muka. Maka dari itu, suksesnya vaksinasi anak usia 6-11 tahun perlu dukungan seluruh pihak termasuk orang tua siswa.

Warga Antusias

Sedangkan vaksinasi warga secara door to door merupakan salah satu program unggulan Kabin Jend (Purn) Budi Gunawan karena telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin.

“Selain mendirikan sentra vaksinasi, Binda Jateng bersama dengan tenaga kesehatan juga melakukan jemput bola atau door to door warga yang tidak hadir ke sentra vaksinasi. Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin,” tandasnya.

Sementara itu, warga Desa Kemangguan, Kecamatan Alian, Kebumen sangat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis satu dan dua. Vaksinasi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kebumen itu berlangsung di Balai Desa Kemangguan.

Baca Juga: Pameran UMKM Ramaikan Soft Opening Trio Supermarket Kebumen

Selain warga Desa Kemangguan, vaksinasi yang dibuka mulai pukul 07.30 hingga 12.00 juga diikuti warga desa sekitar. Vaksinasi yang melibatkan vaksinator dari UPTD Puskesmas Alian menyediakan 1.000 dosis vaksin Astrazeneca.

Kepala Desa Kemangguan Amirudin menyampaikan terima kasih atas dilaksanakannya vaksinasi massal di desanya. Vaksinasi kali ini merupakan yang ketiga kali digelar di desanya. Adapun jumlahnya terbanyak yakni 1.000 dosis. Sebab sebelumnya hanya sekitar 300 dosis.

“Vaksinasi massal ini dapat meningkatkan cakupan vaksinasi di Desa Kemangguan,” ujar Amirudin.

Pos terkait