Madrasah Adiwiyata, Pelajar MAN 1 Pasarkan Tanaman Hias Hasil Pembibitan

  • Whatsapp
Madrasah Adiwiyata
Anggota MHC melayani pembeli tanaman hias. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Di tengah pandemi Covid-19, para pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kebumen yang tergabung dalam Mansa Hijau Club (MHC) sukses membudidayakan tanaman hias.
Salah satu ekstrakurikuler di MAN 1 Kebumen tersebut memiliki kegiatan rutin yakni melakukan pembibitan dan penanaman secara berkala sehingga terwujud madrasah yang hijau.

Bahkan pada saat pandemi seperti sekarang, MHC tetap eksis. Hal ini terbukti dengan program kerjanya yang berani mencoba untuk memasarkan hasil produksi pembibitan mereka. Seperti terlihat, MHC ikut meramaikan Minggu pagi di Alun-alun Kebumen, Minggu 14 Februari 2021 yang digelar sesuai protokol kesehatan. Dalam kegiatan itu para murid memasarkan hasil produksi pembibitan di area Car Free Day (CFD) Alun-alun Kebumen.

Berita Lainnya

Pasarkan 40  Jenis Tanaman Hias  
Madrasah Adiwiyata
Beragam tanaman hias hasil pembibitan dipasarkan. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Sedikitnya ada 40 jenis tanaman dalam 80 pot yang ditawarkan dengan harga terjangkau oleh masyarakat. Beragam tanaman yang saat ini sedang trend dan digandrungi masyarakat juga dipasarkan. Mulai dari tanaman jenis caladium, alocasia, aglonema, hingga calathea dijual dengan harga mulai Rp 10.000- Rp 50.000.

Pionir Adiwiyata MAN 1 Kebumen Dra Elly Samodrati menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kolaborasi tim Adiwiyata dan MHC guna mewujudkan madrasah yang peduli lingkungan. Kegiatan itu sekaligus sebagai upaya mendorong terciptanya kesadaran warga madrasah dan masyarakat pada umumnya dalam pelestarian lingkungan hidup.

Gerakan Peduli Lingkungan Pada Masyarakat
Madrasah Adiwiyata
Warga antusias mengamati tanaman hias. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Elly Samodrati menambahkan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari Pokja Produksi yang berhubungan dengan kegiatan Adiwiyata untuk mampu menghasilkan produksi penghijauan yang memiliki nilai jual. Kegiatan tersebut memberikan manfaat dalam pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dengan mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup.

“Capaian akhir dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi gerakan peduli dan cinta lingkungan pada masyarakat,” tutur Elly Samodrati.

Elly menjelaskan bahwa MHC merupakan salah satu ekstrakurikuler di MAN 1 Kebumen yang berorientasi dalam bidang lingkungan, baik lingkungan madrasah maupun lingkungan di luar madrasah. Sebagai Madrasah Adiwiyata tingkat Propinsi Jawa Tengah, MAN 1 Kebumen sangat terbantu dengan keberadaan ekstrakurikuler ini.

“Pasalnya, hampir seluruh kegiatan yang berhubungan dengan penghijauan di madrasah dilaksanakan oleh MHC,” ujarnya.

Peserta Didik Produktif di Masa Pandemi
Madrasah Adiwiyata
Para pelajar turut menjelaskan jenis-jenis tanaman hias. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Pembina MHC Ardian Ramadhani SPd menambahkan kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih anggota MHC mengenal beragam jenis tanaman dan cara perawatannya. Sehingga mereka memiliki keterampilan dalam budidaya tanaman yang diharapkan dapat bermanfaat dalam kehidupan mereka.

“Kegiatan ini menjadi nuansa baru bagi peserta didik untuk tetap produktif di masa pandemi Covid-19,” pungkas Ardian. (smn)

Berita Terkait