SAKSIKAN !!! Ki Anom Suroto Kolaborasi dengan Dalang Cilik Prama-Rafi Meriahkan Hari Jadi Ke-390 Kebumen

  • Whatsapp
Dalang cilik asal Jakarta Ki Pramariza Fadhlansyah (14) dan Ki Rafi Ramadhan (12) akan berkolaborasi dengan Ki Anom Djatmiko. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Dalang kondang Ki Anom Suroto bakal berkolaborasi dengan dalang dua dalang cilik asal Jakarta Ki Pramariza Fadhlansyah (14) bersama Ki Rafi Ramadhan (12) pada pergelaran wayang kulit di Alun-alun Kebumen, Selasa (20/8/2019) malam. Pentas wayang semalam suntuk tersebut dalam rangka resepsi peringatan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen.

Ki Anom Suroto bersama dua dalang cilik yang merupakan duta budaya internasional itu akan membawakan lakon “Brajadenta-Brajamusti”. Prama dan Rafi yang tak lain kakak beradik tersebut bakal memberikan penampilan terbaiknya dalam pementasan yang berjasama dengan Universitas Indraprasta (Unindra) PGRI Jakarta tersebut.

Berita Lainnya

Baca Juga: Pentaskan “Gatotkaca Lahir”, Dalang Cilik Prama-Rafi Pukau Warga Nusawungu

Rektor Unindra PGRI Jakarta, Prof Dr Sumaryoto mengatakan, penampilan Prama-Rafi masih dalam rangka program pengabdian masyarakat (abdimas) perguruan tinggi Unindra PGRI Jakarta. Pentas ini sekaligus menjadi upaya untuk melestarikan seni wayang kulit yang sudah diakui Unesco.

“Pergelaran wayang ini sekaligus untuk memeriahkan hari jadi ke-390 Kabupaten Kebumen,” kata Profesor Sumaryoto yang merupakan akademisi kelahiran Desa Banyumudal Kecamatan Buayan, Kebumen.

Baca Juga: Kerjasama TVRI Jateng dan Unindra, Dalang Cilik Prama-Rafi Pentaskan Lakon Aji Narantaka

Adapun Pramariza Fadhlansyah-Rafi Ramadhan merupakan cucu dari Prof Dr H Sumaryoto. Meskipun belajar secara otodidak, kemampuan Prama dan Rafi dalam memainkan wayang tidak diragukan. Julukan dalang “raja koprol” pun disematkan lantaran kepiawaiannya dalam memainkan wayang.

Prama-Rafi sudah melanglang buana mementaskan wayang kulit. Mereka sudah pentas wayang kulit di berbagai belahan dunia seperti India, Moskow dan Seoul Korea Selatan. Selain itu, mereka sudah biasa manggung di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Pembukaan Kebumen Expo

Pada malam itu sekaligus dilaksanakan pembukaan Kebumen Expo 2019. Kebumen Expo 2019 berlangsung di Alun-alun Kebumen pada 20-25 Agustus 2019 mulai pukul 10.00-22.00 wib. Pada pameran yang didukung oleh Bank Jateng tersebut akan dilaksanakan pameran geo tourisme dan geo product, pemaran unggulan daerah, panggung expo, stand badan usaha milik desa (Bumdesa), geoculture art performing dan geo modelling competition.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum dan pengunjung gratis tidak dipungut tiket masuk,” ujar Kepal Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Azam Fatoni. (ndo)

Berita Terkait