Umat Antaragama di Kelurahan Kebumen Gotong Royong Bersihkan Tempat Ibadah

Gotong Royong Antarumat Beragama di Kebumen
Foto bersama usai kerja bakti. (Foto: Pitra)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Kerukunan antarumat beragama di Kelurahan Kebumen, Kecamatan/Kabupaten Kebumen patut menjadi contoh bagi masyarakat di Indonesia.

Kerukunan antarumat beragama di kelurahan ini terlihat seperti Sabtu 8 Juli 2023. Bagaimana tidak, warga antarumat beragama kompak bergotong royong membersihkan lingkungan tempat ibadah.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Merawat Kerukunan Beragama Melalui Dialog dan Pentas Seni

Kelurahan Kebumen yang menjadi Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan (DKSK) beserta warga RW 05 Kelurahan Kebumen terlihat benar-benar kompak bekerja bakti membersihkan rumah Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) atau Kelenteng Kong Hwie Kiong Kebumen, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kebumen, Wihara Maha Dhana serta lingkungan sekitar.

Ya, lokasi kelenteng, gereja dan wihara memang saling berdekatan. Meski demikian, umat beragama di kelurahan Kebumen saling menjaga toleransi satu sama lain.

Kader Jumantik Berantas Sarang Nyamuk
Gotong royong Antarumat Beragama di Kebumen
Bersihkan lingkungan Wihara Maha Dhana. (Foto: Pitra)

Kegiatan bertajuk  “Gotong Royong di Rumah Ibadah” itu diprakarsai oleh pengurus Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan (DKSK) Kelurahan Kebumen bekerja sama dengan FKK Kelurahan Kebumen.

Tidak hanya bersih-bersih sekitar tempat ibadah, para ibu-ibu Kader Jumantik juga melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Baca Juga: Imam Muzaki Dilantik Sebagai Kepala MIN 2 Kebumen, Ini 7 Tanggung Jawabnya

Tampak Lurah Kebumen Murtiadi Hajar Kurniawan beserta jajaran Kelurahan Kebumen, perwakilan Kemenag Kebumen, Babinkamtibmas, Babinsa, Kepala Puskesmas Kebumen 3 beserta bidan kelurahan, ketua FKK, seluruh ketua RW di wilayah Kelurahan Kebumen.

Lurah Kebumen Murtiadi Hajar Kurniawan mengapresiasi kegiatan gotong royong di rumah ibadah itu menjadi agenda DKSK Kelurahan Kebumen sekaligus kegiatan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan warga Kelurahan Kebumen.

“Selain menjalin kerukunan umat beragama, lingkungan bersih dan terbebas dari nyamuk demam berdarah, kegiatan gotong royong itu kian mempererat hubungan antar warga pemeluk beragama di Kelurahan Kebumen,” ujar Murtiadi, yang sebelumnya menjabat Lurah Selang.

Kelurahan Kebumen Berbeda Ras Suku dan Agama
Gotong royong bersihkan tempat ibadah
Foto bersama di depan GKI. (Foto: Pitra)

Murtiadi menambahkan bahwa kegiatan seperti ini diharapkan terus digalakan. Sebab kegiatan ini sangat positif bagi warga masyarakat Kelurahan Kebumen.

“Seperti misi Kelurahan Kebumen Sehat serta Rukun warganya,” ucapnya.

Ketua Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan (DKSK) Muhtar Hanafi menyampaikan banyak terima kasih kepada semua warga masyarkat yang terlibat kegiatan gotong royong kerja bakti rumah ibadah.

“Kerukunan warga serta warga  yang sehat menjadi tujuan Kelurahan Kebumen. Karena masyarakat kita berlatar belakang yang berbeda-beda, dari ras suku dan agama,” ujarnya.

Pos terkait