Festival Kebudayaan Bakal Digelar di Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna
Bupati menyapa pengunjung Pantai Laguna. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Ribuan warga memadati lokasi wisata Pantai Laguna Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kebumen, Rabu 11 Mei 2022. Warga mendatangi lokasi wisata tersebut untuk merayakan tradisi Grebeg Syawal yang rutin digelar setiap tahun.

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH hadir menyaksikan keindahan Pantai Laguna sembari menyapa warga yang berwisata bersama keluarga. Orang nomor satu di jajaran Pemkab Kebumen itu tampak terkesima dengan keindahan pantai di ujung timur Kabupaten Kebumen tersebut.

Bacaan Lainnya

“Pantai Lembupurwo atau Pantai Laguna ini luar biasa. Pantainya indah ada lagunanya. Pengunjungnya juga ramai. Ini sangat bagus kalau tahun ini bisa diadakan festival kebudayaan sebagai pilot project,” ujar Bupati Arif Sugiyanto yang disambut antusias para wisatawan.

Baca Juga: Sensasi Menantang, Susuri Pantai Selatan dengan Perahu Nelayan

Wilayah selatan kata Bupati, menjadi tempat yang akan dikembangkan menjadi kota wisata. Pihaknya pun akan menciptakan satu maskot wisata di selatan agar memberi dampak terhadap wisata yang lain. Namun festival sementara perlu dibuat di Pantai Laguna.

“Nanti akan kita buat maskot wisata di satu tempat di selatan yang pendanaannya multiyears agar bisa memberi dampak ke wisata lain. Bagaimana untuk Laguna? Sementara kita buat festival satu dulu di sini, yang Insya Allah bisa diadakan di akhir tahun,” jelas Bupati.

Bupati Menunggang Sapi 
Pantai Laguna
Bupati menunggang sapi di Pantai Laguna. (Foto: Istimewa)

Menurut Bupati, Pantai Laguna cukup unik dan berbeda dengan pantai lain karena ada lagunanya dan penuh dengan pohon cemara laut. Berada di pantai ini, kata Bupati, tidak terasa panas. Terlebih ada sisi lain yang membuat orang lebih tertarik, yakni wisata menunggang sapi.

“Kaya tadi itu uniknya, di sini ada wisata sapi, tinggal dikembangkan lebih banyak lagi. Tadi saya menunggang Sapi Satria, atau Lembu Satria. Sapinya besar, tinggi dan enak dikendarai. Jadi ini bisa menambah daya tarik karena terlihat unik, di tempat lain kuda, di sini sapi,” terang Bupati.

Baca Juga: Sensasi Kuliner Ikan Gapetan di Saung Kaprok Pantai Surumanis

Bupati berharap wisata Pantai Laguna yang tanahnya milik TNI ini bisa terus dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat. Menurut Bupati ini merupakan sinergitas yang baik antara pemerintah desa dengan TNI. Pemerintah daerah pun kata dia, siap memberi dukungan untuk kemajuan wisata.

“Di Mirit itu banyak wisatanya, ada wisata agrobisnis, kebun klengkeng, jambu kristal yang bisa ditemui di sepanjang jalur pantai selatan. Pantai juga banyak berjejer di sini. Nah ini butuh kolaborasi, agar satu tempat wisata bisa berdampak terhadap wisata lain,” tandasnya.

Pos terkait