Terjepret Kamera ETLE, Warga Kebulusan Kaget Diundang ke Sat Lantas

  • Whatsapp
Lalu Lintas
Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto menyerahkan sembako. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Pengguna jalan di Kebumen kaget ketika menerima surat dari pihak kepolisian, disertai bukti foto saat berhenti di traffic light. Salah satunya yakni Erwin Yuli Drajat (47) warga Desa Kebulusan, Kecamatan Pejagoan, Sabtu 17 April 2021.

Erwin mengaku kaget menerima surat panggilan dari kepolisian, yang dikirim melalui kantor pos. Dia pun akhirnya memenuhi panggilan itu untuk melakukan verifikasi.

Bacaan Lainnya

Tertib, Diberi Hadiah Paket Sembako

Pengendara tersebut terpantau oleh kamera pengawas atau kamera ETLE yang telah dipasang oleh Satlantas Polres Kebumen di beberapa titik. Pria tersebut ternyata tertib berlalu lintas. Tidak melewati marka, menggunakan helm standar, memakai masker dan tidak menerobos lampu rambu-rambu lalulintas.

“Saya kira, kemarin saya melanggar karena dapat surat itu. Ternyata saat saya konfirmasi ke Sat Lantas, malah dapat hadiah. Saya terjepret kamera pengawas, karena sudah tertib,” ungkap Erwin menyebutkan bahwa hadiah yang diberikan polisi kepada mereka yakni satu paket sembako.

Polisi Apresiasi Warga yang Sadar Berlalu Lintas

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto mengatakan, langkah ini sebagai upaya agar masyarakat lebih tertib dalam berkendara. Polisi mengapresiasi warga Kebumen yang sadar berlalu lintas, mengendarai kendaraan di jalan raya dengan mematuhi peraturan yang ada.

“Kami memberikan reward kepada pengendara yang tertib. Diharapkan masyarakat di Kebumen akan lebih patuh dan tertib dalam berlalu lintas,” Kata AKP Sugiyanto.

AKP Sugiyanto menambahkan, kamera ETLE yang dipasang di beberapa titik di Kebumen mampu melakukan perekaman gambar hingga jarak jauh dengan kualitas bagus. Sehingga sekecil apapun pelanggaran bisa terpotret oleh kamera tersebut.

Dorong Masyarakat Tertib Saat Berkendara

Tertib berkendara dan patuh terhadap peraturan lalu lintas wajib bagi semua pengguna jalan. Dari pengalaman itu, Erwin mendapatkan dua keuntungan. Pertama dia mendapatkan keselamatan berlalu lintas karena perilaku tertibnya saat berkendara, kedua mendapatkan reward langsung dari Sat Lantas Polres Kebumen karena sudah dinilai tertib dalam berkendara.

“Kami mendorong masyarakat Kebumen senantiasa tertib saat berkendara, karena pangkal dari kecelakaan lalu lintas disebabkan pelanggaran,” katanya. (win)

Pos terkait