Pemkab Kebumen Raih Dua Penghargaan dari Menpan RB, Salah Satunya Inovasi Mie Kriting

Inovasi Publik
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menerima penghargaan dari Menpan RB. (Foto: Istimewa)

Hadir dalam acara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol Agus Andrianto, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko. Hadir pula Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto, Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, para PPT Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian PANRB serta para pimpinan instansi peraih penghargaan.

Tentang Inovasi Mie Kriting

Mie Keriting bukanlah makanan berbentuk mie pada umumnya. Melainkan makanan sehat yang terbuat dari bahan dasar tepung ganyong dan daun kelor. Tepung ganyong dan daun kelor dipilih karena kedua bahan ini diketahui memiliki kandungan protein zat besi fosfor dan zink yang cocok digunakan untuk membantu dalam pencegahan stunting. Bentuk olahannya ada banyak varian, seperti coco crunch, bit mie, cheese puff, crunchy, oatmeal dan juga nastar.

Bacaan Lainnya

Inovasi Mie Keriting harus bersaing dengan  3.110 proposal yang masuk ke Kementerian PANRB  dan lolos administrasi 2.269 dengan rincian 2.124 Kelompok Inovasi umum, dan 145 kelompok Inovasi khusus.

Sebelum lolos menjadi Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023, Bupati telah melaksanakan presentasi dan wawancara dengan Tim Penilai Kementerian PAN-RB Menuju Top 45 Nasional yang dilaksanakan via zoom meeting di hotel Mexoli.

Pos terkait