Ikut Lomba Komunitas Peduli Sungai, Kali Bedegolan Tawarkan Wisata River Tubing, Kali Ijo Suguhkan Hutan Mangrovenya

Kali Ijo
Hutan Mangrov di muara Kali Ijo. (Foto: Padmo)

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyambut baik diadakannya lomba KPS. Kebumen disebut punya potensi sumber daya alam yang luar biasa. Hal itu juga mendapat dukungan langsung dari pemerintah daerah.

“Misalnya di Sungai Ijo Ayah, upaya pemerintah untuk melakukan penghijauan diwujudkan dengan penanaman ribuan mangrove. Sarana prasarananya juga kita bangun, sehingga terbentuk wisata hutan mangrove yang sangat indah,” ujar bupati.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Taman Bedegolan, Hidden Gem di Desa Sendangdalem

Kemudian di Sungai Bedegolan, bupati melihat airnya sangat jernih layaknya Sungai Aree di Swiss karena bersumber dari Waduk Wadaslintang. Di sana terdapat wisata River Tubing Sendang Dalem yang dikelola oleh Pokdarwis yang juga merupakan Komunitas Peduli Sungai.

“Sungai Bedegolan kini sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat untuk wisata river tubing, di sana airnya selalu stabil, jernih, alamnya indah, banyak bebatuan. Kemudian petugasnya juga sudah berpengalaman, bersertifikat, jadi dikelola betul secara profesional, dengan tingkat keamanan yang tinggi,” ucapnya.

Bupati berharap dengan adanya lomba ini, kesadaran masyarakat untuk mencintai lingkungan bisa semakin tumbuh. Terutama sungai, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ia percaya, jika alam dikelola dengan baik, akan mendatangkan keberkahan dan rezeki untuk semuanya.

Pos terkait