HUT ke-78, SMPN 1 Kebumen Promosikan Geopark Melalui Tari Kolosal Gunadrasthi dan Cepetan

HUT ke-78, SMPN 1 Kebumen promosikan Geopark Kebumen melalui Tari Kolosal Gunadrasti. (Foto: Hari)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Memperingati hari ulang tahunnya yang ke-78, SMPN 1 Kebumen menggelar berbagai acara untuk memeriahkannya. Salah satunya yaitu Gelar Tari Kolosal Gunadrasthi dan Cepetan yang ditampilkan pada puncak acara, Kamis 1 Februari 2024.

Sebelum para penari yang merupakan peserta didik kelas 7 dan 8 menampilkan kreasinya, Kepala SMPN 1 Kebumen Abdul Syukur SPd menceritakan sejarah sekolah yang dimulai dari sekolah reguler, standar nasional, RSBI, adiwiyata mandiri, sekolah penggerak, hingga saat ini menjadi boarding school (sekolah asrama).

Baca juga: Gelar Karya P5 SMP N 1 Kebumen Tampilkan Flashmob Tari Cepetan

HUT ke-78 SMPN 1 Kebumen ditandai dengan pelepasan balon. (Foto: Hari)

“Dengan Gelar Tari Kolosal Gunadrasthi dan Cepetan, kami ingin mengangkat Geopark Kebumen di mana pada tari tersebut terdapat kearifan lokal dari Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar yaitu anyaman pandan. Mudah-mudahan bisa dipopulerkan oleh kalangan masyarakat,” kata Abdul Syukur.

Tari Gunadrasthi menceritakan keseharian masyarakat Desa Grenggeng dalam proses memanfaatkan dan mengolah daun pandan mulai dari memeti, ndherehi, besuti, hingga nganyam. Gunadrasthi berasal dari kata guna yang berarti manfaat, dan drasthi (Sanskerta) yang berarti pandan. Adalah Nur Anifah Fitriana SPd, pencipta Tari Gunadrasthi yang juga sebagai pelatih ekstrakurikuler tari di SMPN 1 Kebumen.

Pos terkait