Di Tengah Pandemi, BPR BKK Kebumen Bukukan Laba Rp 16,415 Miliar

BPR BKK
Wabup Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih SST secara simbolis menyerahkan hadiah mobil Toyota Avanza. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Pandemi Covid-19 yang berdampak pada lesunya perekonomian nyatanya tidak terlalu berdampak buruk pada kinerja PT BPR BKK Kebumen (Perseroda). Secara umum BPR BKK Kebumen justru mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Bahkan pada 2020, BPR BKK Kebumen mampu membukukan laba sebesar Rp 16,415 miliar. Bank plat merah ini juga mampu menyetorkan deviden atau pembagian keuntungan sebesar Rp 7,216 miliar. Jumlah tersebut disetor ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Rp 3,561 miliar dan Pemkab Kebumen Rp 3,655 miliar.

Bacaan Lainnya

“PT BPR BKK Kebumen senantiasa mampu memberikan kontribusi positif terhadap Pendapatan Asli Daerah, baik Pemprov Jateng maupun Pemkab Kebumen,” ujar Direktur Utama PT BPR BKK Kebumen Sutrisno SE saat Penyaringan Undian Hadiah Tamades dan Deposito, baru-baru ini.

Kinerja Tiga Tahun Tumbuh Signifikan

Sutrisno memaparkan data hasil kinerja dan perkembangan secara umum untuk tiga tahun terakhir, pasca merger dalam periode yang sama per 31 Desember 2018 sampai dengan 31 Desember 2020.

Asset realisasi 2018 Rp 454 miliar, sedangkan realisasi 2020 Rp 499 miliar, tumbuh Rp 44,784 miliar atau 109,86 %. Kredit dari Rp 268 miliar menjadi Rp 357, tumbuh Rp 89,243 miliar atau 133,28 %. Dana masyarakat yang dihimpun dari Rp 396 miliar menjadi Rp 435 miliar dengan pertumbuhan Rp 39,140 miliar atau 109,87 %.

Baca Juga: Peringati HUT Ke-11, Ini Harapan Bupati Kepada PD BPR BKK Kebumen

Adapun pendapatan Rp 64,389 miliar di akhir 2018 tumbuh menjadi Rp 69,869 miliar, tumbuh Rp 5,480 miliar atau Rp 108,51 %. Sedangkan laba dari Rp 15,314 miliar tumbuh menjadi Rp 16,415 miliar atau tumbuh Rp 1,100 miliar atau 107,19 miliar.

Sutrisno menambahkan bahwa kepercayaan dengan hubungan dengan masyarakat serta pemerintah juga sangat baik. Hal ini tercermin dari saat ini BPR BKK Kebumen dipercaya untuk penyaluran dana-dana pemerintah seperti Baznas, Bansos, Pilkada, dan Pileg-Pilpres.

“Kami juga menyalurkan pembiayaan untuk UMKM dan home industri. Kami turut bertanggung jawab dan terlibat untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dari berbagai sektor,” jelas Sutrisno didampingi Direktur Pemasaran Tarto SE.

Pemenang Undian Hadiah Tamades dan Deposito

BPR BKK
Satu unit mobil Agya diraih Sri Hardiningsih nasabah BPR BKK Cabang Karanggayam. (Foto: Istimewa)KK

Dalam Penyaringan Undian Hadiah yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih SST MM, hadiah utama berupa satu unit mobil Toyota Avanza diraih Wardaningsih nasabah BPR BKK Cabang Ambal asal Kampung Bojong, Kelurahan Panjer.
Sedangkan satu unit mobil Agya diraih Sri Hardiningsih nasabah BPR BKK Cabang Karanggayam warga Jalan Kartini Gombong.

Dalam kesempatan itu juga diundi lima sepeda motor Honda Revo, 20 unit lemari es merek SHARP dan 20 mesin cuci merek AQUA.
Wabup Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih SST MM mengapresiasi atas perkembangan penghimpunan dana masyarakat dan kredit yang cukup signifikan setiap tahunnya.

Baca Juga: Warga Benerwetan Dapat Hadiah Mobil Avanza dari Bank Kebumen

Wabub mengharapkan jajaran PT BPR BKK Kebumen bekerja keras meningkatkan kinerjanya, mengingat saat ini tuntutan kebutuhan nasabah semakin beragam dan tingkat persaingan antar lembaga perbankan juga sangat tinggi.

“Tantangan ini harus dijawab dengan terus berinovasi, khususnya dalam rangka peningkatan pelayanan kepada nasabah. Sehingga keberadaan perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat,” katanya.

Wabub berpesan kepada masyarakat Kebumen untuk tidak ragu-ragu memilih PT BPR BKK Kebumen sebagai tempat untuk beraktivitas di perbankan. Apalagi simpanan di BPR BKK Kebumen dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). (smn)

Pos terkait