Hari Guru Nasional, Kenali Platform Merdeka Mengajar (PMM)

(KebumenUpdate.com) – Guru SMP N 1 Klirong, Ali Wibowo SPd, yang belum lama ini meraih juara 1 Lomba Video Konten Belajar, mengisahkan tentang pengalamannya saat mengikuti kegiatan pembuatan konten Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam rangka Hari Guru Nasional 2022.

Kegiatan pembuatan konten PMM yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah tersebut berlangsung pada Senin-Rabu, 21-23 November 2022 di Lorin Solo Hotel.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Sempat Terkendala Kuota, 448 Guru Honorer di Kebumen Akhirnya Bakal Terima SK PPPK

“Kita mengenal namanya pembelajaran berdiferensiasi. Namanya berdiferensiasi ya berbeda. Jadi membedakan bukan hanya peserta didiknya saja, tapi bagaimana strategi yang harus dilakukan oleh guru,” ucapnya.

Kegiatan pembuatan konten PMM bagi komunitas belajar. (Foto: istimewa)

Menurutnya, dari pelatihan yang diikutinya selama tiga hari tersebut, peserta pelatihan dapat memanfaatkan dan memaksimalkan media pembelajaran menggunakan aplikasi yang tersedia di ponsel.

“Kita juga perlu menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik. Jangan begitu masuk kelas, langsung memberikan soal untuk dikerjakan. Itu model kuno. Dengan menggunakan aplikasi seperti Canva misalnya, kita bisa membuat modul ajar yang keren,” lanjutnya.

Baca juga: Banyak Sekolah Negeri Kalah dengan Swasta, Guru Diminta Lebih Kreatif

Pada kegiatan tersebut, peserta merupakan guru komunitas belajar dari seluruh wilayah Jawa Tengah yang dikelola oleh Pusdatin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Nanti refleksinya mungkin pengimbasan ini akan dibagikan ke kabupaten atau kota masing-masing perwakilan. Jadi ini di Jawa Tengah diwakilkan, kalau SD SMP itu 3. Nanti diimbaskan ke kabupatennya masing-masing di setiap Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),” tandasnya.

Pos terkait