Kapolres, Dandim dan Wabup Kebumen Kompak Atraksi Barongsai di Perayaan Capgomeh

  • Whatsapp
Anggota Forkopimda Kebumen atraksi barongsai. (Foto: Istimewa-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) –  Perayaan Capgomeh di halaman Kelenteng Kong Hwie Kiong Kebumen berlangsung meriah, Sabtu 8 Februari 2020 malam. Ribuan warga tumpah ruah meramaikan pesta rakyat yang diisi dengan hiburan kentongan dan barongsai tersebut.

Perayaan Capgomeh ditandai dengan makan lontong Capgomeh bersama. Pihak panitia menyediakan ribuan porsi kuliner nusantara secara gratis seperti soto, sop, batagor, bakso, siomay, dawet, kembang tahu dan aneka kuliner lainnya.

Bacaan Lainnya

Atraksi barongsai dan liong samsi semakin menyemarakan tradisi yang sudah berlangusng ribuan tahun itu. Puncak acara diisi dengan pesta kembang api spektakuler. Hampir 15 menit kembang api menghiasi langit di atas Kelenteng Kong Hwie Kiong. Pesta kembang api mengakhir pesta pesta perayaan Capgomeh tahun ini.

Anggota Forkopimda Atraksi Barongsai Meriahkan Acara
Anggota Forkopimda berpose dengan latar belakang liong samsi. (Foto: Istimewa-KebumenUpdate)

Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, Kapolres AKBP Dr Rudy Cahya Kurniawan, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang hadir dalam acara yang berlangsung semarak itu. Bahkan anggota Forkopimda Kebumen itu menjajal memainkan atraksi barongsai untuk memeriahkan acara.

“Kami mencoba memainkan Barongsai untuk ikut memeriahkan acara Capgomeh,” ujar Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Perbedaan Jangan Sampai Memecah Belah Bangsa
Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan atraksi barongsai. (Foto: Istimewa-KebumenUpdate)

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan menyampaikan ucapan selamat bagi etnis Tionghoa yang sedang merayakan Capgomeh. Pihaknya berharap ke depan kerukunan antar umat di Kebumen semakin kompak.

“Seluruh warga Kebumen semakin aman damai. Jangan sampai perbedaan baik suku, budaya dan agama memecah belah bangsa,” ucap AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Capgomeh Momentum Merekatkan Persatuan dan Kesatuan
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan sambutan. (Foto: Istimewa-KebumenUpdate)

Wakil Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan bahwa keanekaragaman yang ada di Kebumen termasuk Capgomeh dapat dijadikan momen untuk merekatkan persatuan dan kesatuan.

“Seharusnya, kita hidup rukun, damai, saling menghormati, penuh toleransi dan bersinergi membangun Kebumen,” kata Arif Sugiyanto seraya mengucapkan selamat merayakan Capgomeh bagi warga Tionghoa.  (ndo)

 

Pos terkait