Tiga Hari Jelang Masa Kampanye, KPU Kebumen Kumpulkan PPK dan Sekretaris se-Kabupaten Kebumen

“Masa tenang dan masa pemungutan suara, kami libatkan 2/3 personel dari kekuatan jami yang berjumlah 780 personel, jadi ada sekitar 550 personel yang kami libatkan. Untuk TPS, ada beberapa TPS yang jadi perhatian kami, dilihat dari kondisi geografis maupun riwayat setiap kejadian pemilu,” kata Kompol Setiyoko.

Siap Mental dan Fisik

Adapun narasumber kedua yaitu Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Suyoto. Ia berpesan agar ke depan harus betul-betul siap mental fisik untuk mensukseskan pemilu.

Bacaan Lainnya

“Kita ketahui bahwa banyak dari rekan-rekan PPK yang mengorbankan jiwa dan raga saat pemilu sebelumnya. Karena itu Dandim berpesan ke seluruh personel PPK, agar betul-betul siap mental dan fisiknya. Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya,” kata Kapten Inf Suyoto.

Untuk jumlah personel yang diterjunkan oleh Kodim 0709 Kebumen sejumlah 471 personel. Di akhir sesi, ia menjelaskan bahwa pesta demokrasi ada unsur pengamanan dari TNI Polri, karena pelaksanaannya tidak lepas dari bentuk ancaman dan gangguan.

“Setiap kandidat pasti akan berebut pengaruh untuk mendapatkan massa yang banyak. Hal-hal yang sangat mungkin terjadi yaitu gesekan, antar individu maupun kelompok. Hal itu harus diantisipasi. Adalah melaksanakan cegah dini dan deteksi dini agar jangan terjadi perpecahan atau gesekan yang berbeda pandangan atau pilihan,” tandasnya.

Pos terkait