Safari Seni Tradisional Jamjaneng Meriahkan Sruweng

Jamjaneng
Grup kesenian Jamjaneng tampil pada safari budaya. (Foto: Istimewa)

SRUWENG (KebumenUpdate.com) – Safari seni tradisional Jamjaneng Pastajake Kecamatan Sruweng yang diselenggarakan di Aula Desa Menganti, Kecamatan Sruweng, Kebumen, Sabtu 1 Juni 2024 malam berlangsung meriah. Acara ini dihadiri oleh ratusan pelaku kesenian Jamjaneng dari delapan grup Jamjaneng di seluruh Kecamatan Sruweng.

Menurut Ketua Umum Paguyuban Seni Tradisional Jamjaneng Kabupaten Kebumen (Pastrjakkeb) BE Susilohadi SPd, Safari Seni Tradisional Jamjaneng merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap 35 hari sekali atau dalam istilah Jawa disebut selapanan.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Mengupas Sejarah dan Budaya di Brujul Adventure Park

Pada setiap acara selapanan, delapan grup Jamjaneng dari 25 grup yang ada di Kecamatan Sruweng diundang untuk tampil membawakan dua buah lagu.

Selapanan Jamjaneng Satu Tahun Berjalan

Suparmo, mantan Camat Sruweng sekaligus penasihat Pastrajakkeb Kecamatan Sruweng, menambahkan bahwa kegiatan Selapanan Jamjaneng di Kecamatan Sruweng dirintis sejak Juni 2023. Artinya, Safari Seni Jamjaneng di Sruweng telah berjalan selama satu tahun.

Suparmo berharap kegiatan ini dapat membantu melestarikan Jamjaneng sebagai kesenian khas Kebumen dan menginspirasi kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Kebumen. Apalagi kesenian Jamjaneng merupakan keanekaragaman budaya (culture diversity) yang menjadi bagian dari Geopark Kebumen.

Pos terkait