Pemkab Kebumen dapat Insentif Fiskal Rp 11,8 Miliar, Ini Prestasinya

Dana Insentif Fiskal
Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH MH. (Foto: Dok. Pemkab Kebumen)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Pemkab Kebumen menerima dana insentif fiskal tahun berjalan kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat dari Kementerian Keuangan sebesar Rp 11,8 miliar. Dana itu diberikan lantaran Pemkab Kebumen dinilai mampu menekan angka stunting dan melakukan percepatan penyerapan belanja APBD 2023.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 350 Tahun 2023 tanggal 2 Oktober 2023. Insentif fiskal merupakan dana yang bersumber dari APBN yang diberikan kepada daerah berdasarkan kriteria tertentu berupa perbaikan atau pencapaian kinerja di bidang tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum pemerintahan, dan pelayanan dasar yang mendukung kebijakan strategis nasional atau pelaksanaan kebijakan fiskal nasional.

Bacaan Lainnya

Insentif fiskal kinerja tahun berjalan yang diberikan kabupaten/kota terdapat empat kategori pencapaian yakni, pertama, kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem. Kedua, kategori kinerja penurunan stunting. Ketiga, kategori kinerja penggunaan produk dalam negeri, dan keempat, kategori kinerja percepatan belanja daerah.

Baca Juga: DPRD Kebumen Tetapkan APBD Perubahan TA 2023

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH MH menyebutkan bahwa angka penurunan stunting di Kebumen per Agustus 2023 merujuk Elektronik-Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat sebesar 11,9%. Sedangkan tahun 2022 angka stunting Kebumen sebesar 12,6%.

“Pencapain ini tentu saja berkat kerjasama semua pihak yang terus berupaya menekan angka stunting dengan program kerja yang sudah dicanangkan. Tentu saja dana ini nantinya akan kita gunakan lagi mempercepat penurunan angka stunting di Kebumen,” ucapnya.

Penyerapan Anggaran APBD Cukup Baik

Sekretaris Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Jamal Darwanto menambahkan, penyerapan anggaran APBD Kebumen cukup baik, terutama menyangkut Dana Alokasi Umum Earmarked yang sudah ditentukan penggunaannya.

Pos terkait