Gelar Karya P5 dengan Penanaman Cemara Laut

BULUSPESANTREN (KebumenUpdate.com) – Apa yang dilakukan oleh peserta didik dari SDN 1 Tanggulangin patut diapresiasi. Pasalnya seluruh siswa, walimurid, guru, melakukan aksi tanam pohon cemara laut di pesisir Pantai Happy, Desa Tanggulangin Kecamatan Klirong.

Kegiatan yang berlangsung Selasa 19 Desember 2023 tersebut juga diikuti masyarakat dan Tim Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) Desa Tanggulangin bersama dengan PMI Kabupaten Kebumen. Sebanyak 350 bibit pohon cemara laut ditanam oleh mereka.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Bertajuk Savoury, Gaspala SMAN 2 Kebumen Tanam Bakau di Kaliratu

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto mengatakan kegiatan tersebut bentuk support PMI Kebumen terhadap implementasi kurikulum merdeka pada program P5 (Proyek Penguatan Profil Pengajar Pancasila) melalui mitigasi bencana.

“Kami PMI Kebumen yang tugasnya mensupport, mendorong pemerintah kabupaten dalam hal pendidikan. Melalui kebencanaan salah satunya ini bisa diterapkan di kurikulum merdeka melalui program mitigasi bencana dengan penanaman bibit cemara laut,” kata Sabar Irianto.

Manfaat Cemara Laut

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 1 Tanggulangin Budiyanto SPd mengatakan bahwa upaya mitigasi bencana melalui bibit cemara laut dinilai memiliki manfaat untuk ekosistem kelautan dan lingkungan.

“Melatarbelakangi mengapa bibit cemara laut ini kami pilih untuk upaya mitigasi bencana, dikarenakan bibit ini sendiri memiliki banyak sekali manfaat yakni dapat menghasilkan kadar oksigen yang tinggi, mencegah abrasi pantai, bahkan bisa pelindung tsunami dan gelombang tinggi,” ucap Budiyanto.

Diharapkan, kegiatan yang mengangkat tema Jaga Lingkungan, Lestarikan Alam, Sehat Jiwa Ragaku bisa menjadi percontohan bagi satuan pendidikan lainnya di Kabupaten Kebumen. Usai penanaman, juga digelar bakti lingkungan dengan memungut sampai yang ada di bibir pantai dan ditutup dengan fashion show bertemakan pakaian daur ulang dari sampah plastik.

Pos terkait