Gaspala Smanda Rayakan HUT Ke-29 Secara Virtual

  • Whatsapp
Gaspala Smanda
HUT Ke-29 Gaspala SMA Negeri 2 Kebumen. (Foto: IG/@gaspalasmanda)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Gabungan Siswa Pecinta Alam (Gaspala) SMA Negeri 2 Kebumen merayakan HUT ke-29, Senin 28 September 2020. Dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19 perayaan ulang Gaspala Smanda tahun ini dilakukan secara virtual.

Pada momen ini Gaspala Smanda juga mengadakan lomba untuk kalangan internal di antaranya lomba poster, foto dan video. Harapan dan doa keluarga besar Gaspala agar semuanya kembali berjalan normal seperti sediakala, terus bergerak maju dan memberikan aksi nyata yang bermanfaat kepada sesama dan alam sekitar.

Berita Lainnya

Beberapa Divisi Program Kerja Gaspala Smanda
Gaspala Smanda
Pelantikan anggota baru Gaspala. (Foto: IG/@gaspalasmanda)

Seperti organisasi pecinta alam pada umumnya, Gaspala yang berdiri pada 28 September 1991 memiliki program kerja setiap tahunnya. Program kerja tersebut terbagi menjadi beberapa divisi;

Mountaineering (gunung hutan) seperti pengenalan medan, navigasi darat, survival, jenis bahaya dan risiko di alam bebas dan penanganannya, manajemen perjalanan, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk climbing (tebing terjal), Gaspala biasanya berlatih di papan panjat yang ada di lokasi SMA Negeri 2 Kebumen. Juga repling atau turun tebing dengan menggunakan tali karmantel di Watubarut, Desa Gemeksekti.

Gaspala Smanda Peduli dan Berprestasi 
Gaspala Smanda
Salah satu kegiatan Gaspala Samanda. (Foto: IG/@gaspalasmanda)

Divisi caving (selusur goa) yaitu kegiatan penelusuran goa yang ada di Kebumen, biasanya Gaspala mengunjungi Goa Petruk di Kecamatan Ayah. Selain itu, kegiatan yang bertemakan kepedulian terhadap lingkungan seperti bersih pantai dan reboisasi.

Gaspala Smanda juga tidak mau ketinggalan di bidang prestasi.Terbukti sudah beberapa piala yang disumbangkan di antaranya menjuarai Lomba Lintas Alam Unsiq Wonosobo tahun 2016 dan 2017. Kemudian Lomba Orienteering UGM tahun 2014, juara Mapagama Rally UGM tahun 2007, Gapeta Wallclimbing Competition tahun 2005, Kebut Gunung Sumbing tahun 2002 dan Lomba Napak Tilas tahun 1994. (Hari Satria Wibowo)

Berita Terkait