Bersama Dian Sastro, Wabup Arif Sugiyanto Teken Mou dengan Pertamina Foundation, Kerjasama Bidang Apa?

Foto bersama usai tanda tangan MoU. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

JAKARTA (KebumenUpdate.com) – PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation menggandeng 18 mitra termasuk Pemkab Kebumen dan Yayasan Dian Sastro dalam rangka mengembangkan program di bidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan utamanya new and renewable energy.

Kerjasama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang berlangsung di Executif Lounge Kantor Pusat PT Pertamina (Persero) Jalan Merdeka Timur 1A Jakarta, Rabu 11 Maret 2020. Penandatangan dilakukan oleh Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dengan President Director Pertamina Foundation Agus Mashud.

Bacaan Lainnya

Penandatangan juga dilakukan oleh 17 mitra Pertamina Foundation termasuk artis Dian Sastro Wardoyo selaku pendiri Dian Sastro Foundation. Penandatanganan MoU disaksikan oleh Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT Pertamina (Persero) Heru Setiawan.

Pertamina Bantu Pemberdayaan Perempuan dan Lingkungan Hidup
Pelaksanaan tanda tangan MoU dengan Pertamina Foundation. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyambut baik kerjasama dengan Pertamina Foundation. Nantinya untuk di Kabupaten Kebumen Pertamina akan membantu program pemberdayaan perempuan. Pemberdayaan dilakukan melalui pemberian bantuan modal usaha bagi ibu-ibu yang memiliki usaha dengan bunga sangat rendah. Selain itu, Pertamina juga akan melakukan pendampingan dengan memberikan pelatihan produksi, managerial, dan pemasaran.

“Dengan dibantu modal dan dilatih oleh para ahli, hal ini sangat bagus untuk meningkatkan produksi, penjualan dan permodalan,” ujar Arif Sugiyanto di sela-sela acara.

Selain pemberdayaan masyarakat, Pertamina Foundation juga akan memberikan bantuan pohon bakau untuk menghijaukan pesisir selatan Kebumen. Antara lain untuk muara Sungai Luk Ulo Desa Tanggulangin, Jogosimo Kecamatan Klirong dan Kecamatan Ayah.

“Untuk pelaksanaanya kami akan mensingkronkan dengan program Pemkab Kebumen,” ujar Arif Sugiyanto seraya berharap kerjasama tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kebumen.

Komitmen Bersama untuk Generasi Cerdas, Cakap, Unggul dan Peduli Lingkungan
Wabup Arif Sugiyanto berbincang dengan Dian Sastro Wardoyo. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Sebelumnya, President Director Pertamina Foundation Agus Mashud mengatakan penandatanganan nota kesepahaman itu merupakan penanda awal dari sebuah komitmen bersama untuk sebuah tujuan terbangunnya generasi cerdas, cakap, unggul dalam persaingan dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

“Pencapaian kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagai wujud nyata tanggung jawab sosial dan lingkungan dari PT Pertamina (Persero),” katanya.

Dia menjelaskan bahwa Pertamina Foundation sebagai kepanjangan tangan CSR Pertamina sekaligus mengakomodir kebijakan pemerintah melalui Kementerian BUMN, memberi jawaban atas beragam isu-isu sosial masyarakat berupa peta design perioritas program yang focus di bidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan utamanya new and renewable energy.

Pertamina Komitmen Menuntaskan Sustainable Development Goals (SDGs)
Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT Pertamina Heru Setiawan menyampaikan sambutan. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Komitmen menuntaskan Sustainable Development Goals (SDGs) dijadikan streamline pertama dalam wujud program inovasi sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Pertamina Foundation hadir dengan program-program baru yang visioner, inspiratif, ramah lingkungan, dan berdampak lebin luas, melalui program-program PFprestasi, PFmuda, PFpreneur, PFbangkit, dan PFsains serta PF Inspirasi Daerah operasi dan wilayah Indonesia Timur.

“Untuk tujuan ini Pertamina membuka diri untuk bersama-sama dengan mitra dari perguruan tinggi, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), Kementrian, Pemda, dan Foundation ternama di Indonesia Kerjasama dengan para mitra diawali alam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU).

18 Mitra Pertamina Foundation mulai Perguruan Tinggi Hingga Pemerintah Daerah
Mitra Pertamina Foundation foto bersama usai tanda tangan MoU. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Ada 18 mitra yang hadir antara lain dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; Badan Nasional Pengelola Perbatasan, ada tiga foundation ternama yakni Dian Sastro Foundation, Jakarta Post Foundation, serta Hope Worldwide Indonesia.

Pemkab Kebumen, tiga perguruan tinggi yakni, UI, UGM, Universitas Pertamina dan BINUS Jakarta, PT Pertamina Persero dengan enam Anak Perusahaan PT Pertamina Persero yakni seperti PT Pertamina EP, PT Pertamina Geothermal Energy, PT Pertamina Gas, PT Pertamina EP Cepu, PT Pertamina Internasional EP, PT Pertamina Patra Niaga, serta PT Pertamina Retail dan Corporate Secretary (Corsec) PT Pertamina (Persero);

“Pertamina Foundation mem membuka diri untuk kemitraan melalui sinergi program, donasi, ataupun kerjasama lainnya dengan funding dan organisasi,” tandasnya. (smn)

Pos terkait