Angin Kencang Terjang Kebumen, PLN “Panen” Gangguan Jaringan Listrik

  • Whatsapp
Pohon Tumbang
Pohon kepala tumbang menimpa kabel listrik. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Pada minggu-minggu terakhir petugas PLN dibikin sibuk dengan cuaca ekstrem yang terjadi di Kebumen. Hujan deras yang disertai angin kencang maupun tanah longsor tak hanya berdampak pada permukiman, tetapi juga pada jaringan listrik.

Seperti terjadi pada Sabtu, 14 November 2020 sekitar pukul 15.00 hingga 20.00 Wib, wilayah Kabupaten Kebumen dilanda hujan lebat, disertai angin kencang dan petir. Kondisi itu melanda hampir merata di seluruh wilayah Kebumen.

Berita Lainnya

Hujan deras dan angin kencang yang terjadi banyak mengakibatkan pohon tumbang, dan tiang PLN roboh. Tidak hanya itu, baliho- baliho yang ada di Kota Kebumen juga banyak yang lepas dan mengenai jaringan listrik.

Pohon dan Baliho Tumbang Timpa Jaringan Listrik
Pohon tumbang di Jalan Kejayan, Tamanwinangun. (Foto: Istimewa)
Pohon tumbang di Jalan Kejayan, Tamanwinangun. (Foto: Istimewa)

Merujuk data PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kebumen, pohon tumbang yang menimpa jaringan PLN terjadi di Desa Kertodeso, Kecamatan Mirit, Jalan Kejayan Kebumen dan Desa Kebakalan Kecamatan Karanggayam.

Sedangkan baliho berterbangan terjadi di Desa Kalibagor, Kecamatan Kebumen. Adapun lokasi terjadinya tiang listrik PLN yang roboh karena hujan deras terjadi di Dukuh Rendeng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Petanahan.

Akibat dari pohon yang roboh dan seng-seng baliho yang berterbangan menimpa jaringan/kabel milik PLN, berdampak pada gangguan aliran listrik. Adapun wilayah yang terdampak padam karena gangguan listrik meliputi Kecamatan Kutowinangun, Mirit, Ambal, Buluspesantren, Klirong sebagian, Kebumen Kota, Pejagoan, Karanggayam dan sebagian Kecamatan Karanganyar.

PLN Apresiasi Atas Laporan Warga
Pohon Tumbang
Sukarelawan PMI Kebumen menangani pohon tumbang di Alun-alun Kebumen. (Foto: Istimewa)

Manager PT PLN (Persero) ULP Kebumen, Teguh Suprabowo membenarkan hal tersebut. Pihaknya menyampaikan apresiasi atas bantuan banyak pihak yakni berupa laporan dari beberapa warga yang mendengar suara ledakan disertai listrik padam.

“Hal ini berdampak pada penanganan padam karena gangguan lebih cepat tertangani,” ujar Teguh Suprabowo.

Teguh Suprabowo juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada warga masyarakat yang terdampak padam listriknya.

Warga Diminta Peduli Jaringan Listrik

Pihaknya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk peduli terhadap kondisi jaringan listrik. Yakni dengan cara tidak menanam pohon di bawah jaringan listrik, tidak membangun bangunan terlalu dekat dengan jaringan listrik.

“Warga diharapkan mengikhlaskan serta mengijinkan pohonnya yang dekat dengan jaringan listrik untuk dilakukan penebangan oleh petugas PLN,” ujar Teguh Suprabowo. (ndo)

Berita Terkait