Quillon Mercy, Kuda Milik Anggota DPRD Kebumen Kampium Kejurnas Pacuan Kuda di Bantul

Quillon Mercy
Krismawati bersama kuda milikinya Quillon Mercy foto usai penerimaan hadiah. (Foto: Istimewa)

BANTUL (KebumenUpdate.com) – Kuda milik Krismawati seorang anggota DPRD Kabupaten Kebumen menjadi kampium pada Kejurnas Pacu Kuda Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri 2  dan Piala Pertiwi Tahun 2023 di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, DIY Minggu 21 Mei 2023.

Pada event yang digelar oleh Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) dan Pengprov Pordasi DKI Jakarta itu, Quillon Mercy nama kuda pacu dari Bintang Mercy Stable tersebut meraih juara 1 kelas dua tahun pemula C/D 1.100 meter.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Menpora Datangi Lomba Pacuan Kuda di Desa Ambalresmi, Ini Pesan Kesannya

Alhamdulillah, senang rasanya bisa meraih juara di ajang bergengsi ini. Semoga kedepannya bisa terus mengikuti kejurnas pacuan kuda,” ujar Krismawati di sela-sela acara.

Krismawati yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kebumen tersebut sudah beberapa kali mengikuti ajang pacuan kuda. Sebelumnya Quillon Mercy dengan jockey Marcel Singal meraih juara 1 di perlombaan pacuan kuda di Kebumen sebulan yang lalu.

Kejuaraan Diikuti 191 Ekor Kuda
Quillon Mercy
Quillon Mercy bersama sang jockey berpacu di lintasan. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, kejuaraan seri 2 Piala Tiga Mahkota diikuti 191 ekor kuda. Peserta terdiri atas 12 provinsi mulai dari Sulawesi Utara, Sumatra Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jatim, hingga Kalimantan Selatan.

Ada 22 race dengan total hadiah senilai Rp 585 juta. Event ini termasuk acara tingkat nasional dan terbesar dalam sejarah.

Hanya kuda yang telah memiliki sertifikat Studbook Indonesia (SBI) ataupun Biro Registrasi Kuda (BRK) yang boleh mengikuti Kejurnas ini. Kuda yang berpartisipasi juga wajib mengikuti sesi verifikasi data dan pengukuran tinggi kuda yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Kunjungan SBY Beri Spirit Baru Bagi Kader Partai Demokrat Kebumen

Adapun atlet atau jockey serta pelatihnya juga harus memiliki sertifikat yang diterbitkan Komisi Pacu Pengurus Pusat Pordasi. Dengan demikian, peserta lomba telah memenuhi syarat dan memahami peraturan lomba Pacu kuda PP Pordasi (PO.10).

Pertandingan ini juga sebagai road show to Indonesian Derby 2023 yang akan diperlombakan dalam Kejurnas Seri 1 2023 di Sumatera Barat pada Juli 2023.

Pos terkait