Pertunjukan Seni dan Hajatan “New Normal” Disimulasikan

  • Whatsapp
Wabup Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyerahkan tokoh wayang kepada dalang. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)
Wabup Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyerahkan tokoh wayang kepada dalang. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Pemkab Kebumen melakukan simulasi teknik pertunjukan seni dan acara pernikahan yang  menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan pelonggaran terhadap kegiatan masyarakat yang mengumpulkan massa di era new normal.

Bertempat di Pelataran Panggung Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kebumen, simulasi pertunjukan seni dimulai dari Jumat-Sabtu 26-27 Juni 2020. Sejumlah kesenian tampil seperti ebleg, barongsai, tari menak jinggo, lenggeran, cepetan dan musik band.

Berita Lainnya

Tiga Dalang Bedah Lakon “Sirnaning Aji Canda Birawa”
Kolaborasi tiga dalang dalam simulasi pergelaran wayang. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)
Kolaborasi tiga dalang dalam simulasi pergelaran wayang. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)

Acara juga dimeriahkan dengan pameran wayang dan tosan aji yang diikuti oleh Sanggar Nawangsari, Cindrabirawa, Kecubung Sakti dan Brajabumi. Adapun puncaknya adalah simulasi pergelaran wayang dengan tiga dalang, Sabtu 27 Juni 2020 malam.

Yang menarik, pergelaran wayang merupakan kolaborasi wayang golek dan kulit yang menghadirkan tiga dalang sekaligus, yakni Ki Eko Suwaryo, Ki Purwono Sinugiyanto, dan Ki Wedo Seno Aji. Pergelaran wayang membedah lakon “Sirnaning Aji Canda Birawa”.

Pemberian Apresiasi dalam Penanganan Covid-19    
Wabup H Arif Sugiyanto menyerahkan apresiasi kepada Komisaris PT KAK  H Khayub M Lutfi. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)
Wabup H Arif Sugiyanto menyerahkan apresiasi kepada Komisaris PT KAK H Khayub M Lutfi. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)

Dalam acara itu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang turut berperan dalam penanganan Covid-19 di Kebumen. Dari sekitar 500 penerima, penerima diwakili sejumlah penerima termasuk Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dan istri Iin Windarti.

Tak hanya mendukung suami menyumbangkan seluruh gaji dan tunjangan selama setahun, Iin Windarti juga secara pribadi menyumbangkan untuk penanganan Covid-19. Salah satu penerima apresiasi adalah Komisaris PT Karya Adi Kencana (KAK) yang menyumbang dua ton beras.

Apresiasi juga diberikan kepada para kepala OPD, aparat kepolisian, organisasi masyarakat dan relawan seperti Banser, Baguna Kebumen, Gertaks, Orari, Rapi, Jack/Track, Ubaloka.

Simulasi untuk Mempersiapkan Kebumen New Normal
Para sinden tanpa mengenakan masker. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)
Para sinden tanpa mengenakan masker. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)

Kepala Pelaksana Tugas (Plt) Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Teguh Kristiyanto menyampaikan, simulasi ini tersebut digelar untuk mempersiapkan Kebumen new normal. Nantinya hasil dari simulasi ini dilakukan evaluasi apakah pergelaran seni dan budaya sudah bisa dilaksanakan seterusnya atau belum siap.

“Kalau memang belum siap, pergelaran hanya bisa dilaksanakan secara live streaming,” ujar Teguh Kristiyanto.

Wabup Arif Sugiyanto Berterimakasih untuk Istri
Wabup Arif Sugiyanto bersama isri Iin Windarti menerima apresiasi. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)
Wabup Arif Sugiyanto bersama isri Iin Windarti menerima apresiasi. (Foto: Padmo-KebumenUpdate.com)

Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan dalam penanggulangan Covid-19 di Kebumen. Bahkan sebelum Gugus Tugas Covid-19 terbentuk seluruh elemen telah bekerja untuk memutus penyebaran virus Corona di Kebumen.

“Saya secara pribadi menyampaikan terima kasih kepada istri saya yang telah merelakan gaji dan tunjangan sebagai wakil bupati untuk membantu penanganan Covid-19. Bahkan secara pribadi istri memecah celengannya untuk membantu termometer yang saat itu sulit didapatkan,” ujar Arif Sugiyanto yang hadir bersama sang istri dan putri bungsunya. (ndo)

Berita Terkait