Pasien Meninggal Karena Tak Mampu Bayar Biaya, Ini Tanggapan Bupati

Namun keluarga pasien memilih untuk membawanya pulang rawat jalan karena tidak kuat membayar biaya rumah sakit setelah tahu BPJS Kesehatan pasien tidak lagi aktif.

Bupati turut prihatin dan menyampaikan rasa belasungkawa. Ia sudah meminta kepada pihak BPJS Kesehatan agar bisa memberikan informasi kepada pengguna jaminan kesehatan, jika kartu BPJS-nya sudah tidak aktif untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bacaan Lainnya

Baca juga: RSDS Kebumen Gencarkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Melalui Program Sosiomedis

“Jadi tentang kewenangan KIS yang dibayarkan oleh pemerintah pusat itu ada di BPJS. Saya juga sudah bersurat ke BPJS agar BPJS ini proaktif memberitahu kepada seluruh peserta kalau memang Kartu BPJS sudah tidak aktif. Termasuk peserta BPJS yang dibiayai negara atau KIS,” terang bupati.

Bagi masyarakat Kebumen yang tidak mampu secara ekonomi, Pemkab Kebumen telah menyiapkan program Kartu Kebumen Sejahtera (KKS). Kartu tersebut merupakan jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk warga miskin. Masyarakat yang membutuhkan kartu tersebut agar berkoordinasi dengan Dinas Sosial.

Pos terkait