Salat Jumat, Jamaah Panjatkan Doa Qunut Nazilah

Jamaah salat Jumat keluar dari Masjid Agung. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)
Jamaah salat Jumat keluar dari Masjid Agung. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Pelaksanaan salat Jumat di Masjid Agung Kauman Kebumen tampak sama seperti hari-hari biasa, Jumat, 20 Maret 2020. Jumlah jamaah yang mengikuti salat Jumat juga tidak jauh berbeda dengan jumat sebelumnya. Hal ini terlihat dari jamaah yang mencapai baris paling belakang.

Khotib KH Dawamuddin Masdar dalam khutbahnya juga mengangkat tema terkait Corona Virus Disease (Covid-19) dalam perpektif Islam. Merujuk Fatwa MUI, Kabupaten Kebumen masih belum masuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) sehingga masjid  Agung Kebumen masih bisa dmenyelenggarakan salat jumat.

Bacaan Lainnya
Doa Qunut Nazilah Ikhtiar Menangkal Covid-19
Warga usai menunaikan salat Jumat. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)
Warga usai menunaikan salat Jumat. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Baca Juga: Masjid Agung Kebumen Tetap Gelar Salat Jumat

Sementara itu, imam salat Jumat KH Wahib Mahfudz membaca doa qunut nazilah pada rokaat kedua. Qunut Nazilah ini merupakan ikhtiar dan doa untuk menangkal Covid-19 yang mewabah saat ini.

Bacaan qunut nazilah ini sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait wabah corona adalah mengajak umat Islam untuk membaca Qunut Nazilah di setiap salat fardhu.

Tempat Cuci Tangan Dipasang di Depan Masjid Agung
Warga mencuci tangan usai salat Jumat. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)
Warga mencuci tangan usai salat. (Foto: Padmo-KebumenUpdate)

Di tengah meningkatnya penyebaran virus Corona, di kawasan alun-alun salah satunya di depan Masjid Agung Kebumen dipasang tempat cuci tangan. Tempa cuci tangan portabel tersebut dilengkapi dengan sabun. Tampak warga memanfaatkan untuk mencuci tangan baik sebelum maupun usai menunaikan salat Jumat.

Merujuk ada data pantauan Covid-19 di Kebumen oleh Dinas Kesehatan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 30 orang. Sedangkan Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 12 orang yang dirawat di sejumlah rumah sakit antara lain Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong, RSUD Dr Soedirman, RSUD Prembun.

Situasi Virus Corona di Jateng Hingga Global

Untuk tingkat Jawa Tengah, berdasarkan data Pemprov Jateng, total ODP sebanyak 2.236 orang, PDP 113 masih di rawat dan terjadi 12 kasus. Sebanyak sembilan orang masih dirawat dan tiga pasien meninggal dunia.

Sedangkan di tingkat Indonesia, berdasarkan website covid19.go.id di Indonesia positif Covid-19 sebanyak 309 orang, sembuh 15 orang dan meninggal sebanyak 25 orang. Adapun secara global sebanyak 159 negara yang terpapar virus Corona dengan kasus terkonfirmasi 218.827. Pasien sembuh sebanyak 84,121 sedangkan kasus kematian 8,811 orang. (ndo)

Pos terkait