Pesepeda Delapan Kabupaten Ramaikan “Surumanis Bikecamp”

  • Whatsapp
Peserta start dari Alun-alun Menunggal Gombong. (Foto: Sigit-KebumenUpdate)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Komunitas sepeda Federal Gombong (Fedgo) mengadakan kegiatan sport tourism yang memadukan aktivitas olahraga dengan wisata. Kegiatan bertajuk “Surumanis Bikecamp” itu diadakan Sabtu-Minggu 18-19 Januari 2020.

Kegiatan diikuti oleh seratusan penggemar olahraga sepeda dari delapan kabupaten, seperti Kebumen, Purwokerto, Magelang, Solo dan lain-lain.Kegiatan yang mengangkat tema “Among Raga Among Rasa” itu start di Alun-alun Manunggal Gombong.

Berita Lainnya

Peserta Lewatkan Malam Nikmati Alam Pantai Selatan
Para peserta foto bersama di Pantai Surumanis. (Foto: Sigit-KebumenUpdate)

Peserta kemudian menyusuri Jalan Karangbolong dan berakhir di Pantai Surumanis, Desa Pasir, Kecamatan Pasir. Di sana panitia telah menyiapkan tenda-tenda, untuk peserta melewatkan malam sambil menikmati pesona alam pantai selatan.

Sekalipun di kawasan selatan rute cukup menanjak, namun hal ini tidak mengurangi semangat para peserta. Bahkan di rute ekstrim sejauh dua kilometer, diadakan sessi hill challenge. Pemenang mendapatkan predikat king of mountains. Juara satu hingga ketiga podium direbut oleh pesepeda asal Banjarnegara.

Menjadi Ajang Promosi Pariwisata Kebumen
Para peserta istirahat di jalur tanjakan. (Foto: Sigit-KebumenUpdate)

“Kami sengaja mengambil rute wilayah selatan dan berakhir di Pantai Surumanis. Harapan kami, selain memberikan suasana yang berbeda bagi para peserta, juga sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Kebumen,” ujar Ketua Panitia, Leonardus Bagus.

Bagus yang juga seorang aktivis lingkungan ini menambahkan bahwa event ini merupakan pemanasan untuk mengadakan kegiatan yang lebih besar di Kebumen.

“Harapannya kegiatan ini dapat menjadi event olahraga dan wisata tahunan sekaligus membiasakan masyarakat untuk bersepeda,” ujarnya. (sgt)

Berita Terkait