Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Bentuk Desa Siaga Covid-19 di Purbowangi

Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jawa Tengah foto bersama di sela-sela acara. (Foto: Istimewa)
Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jawa Tengah foto bersama di sela-sela acara. (Foto: Istimewa)

BUAYAN (KebumenUpdate.com) – Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jawa Tengah mempersiapkan RT 05 RW 06 Desa Purbowangi, Kecamatan Buayan, Kebumen sebagai Desa Siaga Covid-19.  Kegiatan ini menggandeng tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKR) RSUD dr Soedirman Kebumen.

Sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi pembentukan relawan Covid-19 di tingkat RT 05 RW 06 yang dikoordinatori oleh Mujito SST, sosialisasi Covid-19 oleh dr Dhiandra dari RSUD dr Soedirman Kebumen. Kemudian sosialisasi handhigine, etika batuk dan manfaat pemakaian masker (Komite PPI RSUD dr Soedirman Kebumen).

Bacaan Lainnya
Kegiatan Libatkan Tokoh Masyarakat Desa Purbowangi
Pembentukan Desa Siaga Covid-19 di Desa Purbowangi. (Foto: Istimewa)
Pembentukan Desa Siaga Covid-19 di Desa Purbowangi. (Foto: Istimewa)

Kemudian psikoedukasi tentang mengatasi kecemasan di masyarakat akibat Covid-19 (Ikatan Psikolog Indonesia Wilayah Jawa Tengah). Dilanjutkan penyerahan bantuan tempat air untuk cuci tangan sebelum masuk rumah, sabun cuci tangan dan masker oleh IPK Indonesia Jateng.

Kegiatan ini juga melibatkan tokoh masyarakat di Desa Purbowangi, Kepala Desa Purbowangi, Kepala Puskesmas Buayan, Camat Buayan yang diwakili oleh Sekcam Buayan dan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Sat Intelkam Polres Kebumen Dukung Kampung Siaga Covid-19, Bantu APD Hingga Sembako

Ketua IPK Indonesia Wilayah Jawa Tengah Dra Endang Suparti Sri Sugihartati melalui salah satu pengurus Yulia Tri Haryanti SPsi menyampaikan, dipilihnya Desa Purbowangi sebagai Desa Siaga Covid-19  dilatarbelakangi pasien Covid-19 yang pertama dirawat di Kebumen berasal dari Kecamatan Rowokele.

“Hal ini menimbulkan kecemasan masyarakat sekitar seperti warga Desa Purbowangi, Kecamatan Buayan yang letaknya berdekatan,” ujarnya.

Sejumlah Program  IPK Indonesia Wilayah Jateng

Desa Siaga Covid-19 merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian program yang telah dan akan dilaksanakan oleh pengurus wilayah Jateng. Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di Kabupaten Klaten.

“Sebelumnya IPK Wilayah Jateng telah membuka layanan konseling online yang langsung diberikan oleh para psikolog klinis Jawa Tengah,” ujar Yulia Tri Haryati psikolog yang ikut terjun langsung dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Sosial Membagi Sembako Bagi Masyarakat
Penyerahan bantuan dari IPK Indonesia Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)
Penyerahan bantuan dari IPK Indonesia Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

Beberapa daerah, juga telah melaksanakan Psychological First Aids (PFA) atau pertolongan pertama psikologis bagi masyarakat yang terdampak pandemik di Banjarnegara. Kegiatan sosial membagi sembako bagi masyarakat terdampak pandemi juga sudah dilaksanakan di tujuh wilayah yaitu Banjarnegara, Kebumen, Purwokerto, Klaten, Solo, Salatiga, dan Blora.

“Kegiatan ini masih terus dijalankan dengan membuka donasi bagi masyarakat luas yang bersedia menyalurkan bantuannya melalui organisasi IPK Indonesia,” ujar Yulia Tri Haryanti.

Kepala Puskesmas Buayan Suhartini SST MH mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan saat pandemik. Karena yang baru pertama kali di Kecamatan Buayan itu diharapkan menjadi role model atau contoh RT dan desa lainya di Kecamatan Buayan. (ndo)

Pos terkait